Rumah Blandongan Tangsel Sediakan Informasi Pemilu

Kota Tangerang Selatan  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 20:58:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Rumah Blandongan Tangsel Sediakan Informasi Pemilu

Rumah Blandongan/LAN

RMOLBANTEN. Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana alur mengenai Pemilihan Umum (Pemilu), khususnya pemilih pemula.

Maka dari itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel membuat 'Rumah Pemilu' untuk membuka lebar-lebar kesempatan bagi masyarakat maupun pelajar untuk belajar tentang Pemilu di kantor KPU Tangsel, Jalan Buana Kencana, Serpong, Tangerang Selatan.

Ketua KPU Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro menerangkan, Rumah Pemilu yang disebut Blandongan Demokrasi itu menyediakan berbagai informasi termasuk sejarah pemilu di Indonesia.

"Misalnya dari ruang masuk ke KPU ada perjalanan pemilu, sejarahnya. Ada juga buku-buku tentang pemilu, sosialisasi bagaimana KPU atau strateginya untuk meningkatkan partisipasi termasuk ketentuan-ketentuan tentang pemilu. Kita juga simulasikan pemilih disabilitas. Banyak pelajar yang tertarik untuk datang," ujar Bambang, Jum'at (8/11).

Tak hanya itu, terdapat satu ruangan yang diubah menjadi studio mini untuk menyaksikan tayangan film pendek tentang demokrasi. Ada juga, sejarah pemilihan Walikota Tangsel beserta dengan perolehan suara.

"Kemudian ada juga miniatur dari TPS agar bisa menjelaskan ke yang hadir tentang simulasi pemilihan dan pemungutan suara di TPS," tuturnya.

Bambang mengajak seluruh masyarakat terutama pemilih pemula atau siswa sekolah dasar dan pertama untuk mendatangi rumah pemilu sebagai bentuk sosialisasi.

Rumah pintar sendiri sudah diusulkan oleh KPU RI agar dibuka di setiap KPU tingkat provinsi, kabupaten, kota sejak tahun 2017 lalu.

"Rumah pintar pertama kali digagas sekitar tahun 2017 jadi setiap tahunnya diminta untuk diperbaiki," beber Bambang. [obi]



Komentar Pembaca
PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

Indonesia Kehilangan Kiai Kharismatik

SELASA, 06 AGUSTUS 2019 , 21:57:45

Jokowi Marah PLN Tidak Becus: Perlu Tindakan Lebih Keras
Antri Salaman Dengan Gubernur

Antri Salaman Dengan Gubernur

SENIN, 10 JUNI 2019 , 20:34:00

JK Sambangi SBY

JK Sambangi SBY

KAMIS, 27 JUNI 2019 , 02:27:00

Razia WNA Di Tangerang

Razia WNA Di Tangerang

KAMIS, 11 JULI 2019 , 21:20:00

The ads will close in 10 Seconds