Tekan Travel Bodong, Kemenag Kenalkan Aplikasi Umroh Cerdas

Keamanan  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 01:35:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Tekan Travel Bodong, Kemenag Kenalkan Aplikasi Umroh Cerdas

Aplikasi Umroh Cerdas/Repro

RMOLBANTEN. Maraknya korban penipuan agen travel umroh bodong  membuat Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan aplikasi Umroh Cerdas.

Aplikasi yang dapat di unduh melalui platform Android dan IOS tersebut berisi informasi mengenai agen-agen travel umroh yang telah memiliki izin.

"Pada aplikasi tersebut, terdapat berbagai informasi mengenai agen travel umroh, sehingga jika masyarakat hendak menunaikan ibadah umroh dapat mengecek jasa agen travel yang akan digunakan," ujar Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus M. Arfi Hatim, di Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa, (12/11).

Arfi menuturkan, peluncuran aplikasi tersebut juga merupakan salah satu upaya Kemenag untuk menekan pertumbuhan agen-agen travel umroh bodong. Pasalnya, masyarakat akan mudah mengecek dan tidak mudah tertipu saat mendapat tawaran dari agen travel.

"Banyak modus yang dilakukan pelaku travel umroh bodong. Seperti, sistem investasi, pembayaran, pemasaran, harga yang tidak rasional, penipuan, penyelenggaraan umroh yang tidak memiliki izin PPIU, penelantaran, kegagalan keberangkatan, kepulangan," jelasnya.

Ia pun berharap, adanya aplikasi tersebut dapat tersosialisasi ke seluruh masyarakat Indonesia sehingga dapat meminimalisir korban.

"kemudian secara vertikal melalui Kanwil Kemenag, secara masif kami sampaikan ke masyarakat, secara bertahap juga sosialisasi juga dilakukan secara jelas ada norma soal penyelenggaraan," tandasnya. [ars]


Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds