Pengelolaan Pajak Tidak Sesuai SOP Jadi Titik Rawan Korupsi

Kabupaten Lebak  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 03:07:00 WIB | LAPORAN: OBI JAYA

Pengelolaan Pajak Tidak Sesuai SOP Jadi Titik Rawan Korupsi

Iti Octavia Jayabaya/Repro

RMOLBANTEN. Optimalisasi pajak dan retribusi daerah merupakan mata rantai yang saling berkesinambungan antara penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Demikian disampaikan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya di rapat koordinasi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) di The Green Peak Hotel Cisarua Bogor, Selasa (12/11) lalu.

Iti menekankan aktifitas pengelolaan pajak dan retribusi daerah tidak sebatas dalam bentuk rakor ini saja, melainkan dalam bentuk-bentuk lainnya seperti mereview regulasi, penguatan data base, dan pemanfaatan informasi dan teknologi.

"Pada dasarnya pengelola pajak dan retribusi adalah profesi yang dituntut memiliki standar kehati-hatian yang tinggi dalam pengelolaannya, karena menurut KPK salah satu titik rawan korupsi adalah pengelolaan pajak dan retrbusi yang tidak sesuai dengan SOP," terangnya.

Lebih lanjut Iti, menambahkan, upaya yang dapat ditempuh dalam optimalisasi pendapatan daerah, adalah melakukan optimalisasi pajak dan retribusi daerah secara intensif dan ekstensif, yang diselenggarakan secara internal oleh masing-masing kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

"Seluruh pimpinan OPD pengelola pajak dan retrribusi daerah harus dapat mengoptimalkan potensi pendapatan asli daerah di lingkup OPD nya sehingga seluruh potensi pendapatan asli daerah dapat tercapai" ungkap Iti. [obi]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds