Pemuka Lintas Agama Ajak Warga Hidupkan Budaya Toleransi

Keamanan  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 01:16:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Pemuka Lintas Agama Ajak Warga Hidupkan Budaya Toleransi

Jumpa pers IRC Indonesia/RMOLNetwork

RMOLBANTEN. Semua warga Indonesia diimbau untuk mengembangkan budaya toleransi kepada sesama.

Demikian disampaikan Ketua Kehormatan Presidium Inter Religious Council (IRC) Indonesia, Din Syamsuddin bersama para pemuka lintas agama saat jumpa pers di Kantor CDCC, Kawasan Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Ajakan berbarengan dengan peringatan hari toleransi internasional yang jatuh pada 16 November 2019 lalu. Indonesia mengajak

"Mengajak segenap keluarga besar bangsa untuk mengembangkan budaya toleransi sebagai manifestasi etika keagamaan, baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, maupun bangsa," ujar Din Syamsudin.

Senada disampaikan Romo Heri Wibowo dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Menurutnya, kemajemukan bangsa Indonesia mesti disyukuri untuk kehidupan yang lebih harmoni antarpemeluk agama.

"Karena itu (kami) berpesan kepada segenap pemeluk agama untuk mengamalkan ajaran toleransi dalam kehidupan bersama, yakni dengan menerima perbedaan dan saling menghormati perbedan," tutur Romo Heri.

Sementara, WS Rudi Gunawijaya perwakilan dari Konghucu juga menegaskan bahwa toleransi tidak boleh hanya dijadikan jargon tanpa tindakan nyata dari semua pemeluk agama.

Karena itu, ia mendorong agar dialog antarpemuka agama intensif dilakukan.

"Mendorong komunikasi lintas agama untuk memperbanyak perjumpaan percakapan dan kerja sama guna meningkatkan kualitas kemanusiaan dan lingkungan," demikian WS Rudi.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut, di antaranya Jacky Manuputhy (Protestan), Romo Heri Wibowo (KWI), Bona Beding (Katolik), Bhikku Inda Medho (Buddha), Arditanto (Buddha), WS Rudi Gunawijaya (Konghucu), WS Li Suprijadi (Konghucu), dan Pendeta Jimmy (PGI). [dzk] 

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds