Imigrasi Soeta Cegah 245 WNI Ke Luar Negeri

Keamanan  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 00:38:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Imigrasi Soeta Cegah 245 WNI Ke Luar Negeri

Muhammad Godam/AUL

RMOLBANTEN. Selama periode Januari sampai Oktober 2019, Imigrasi Bandara Kelas I Khusus TPO Soekarno-Hatta berhasil mencegah keberangkatan 245 Warga Negara Indonesia (WNI) yang ke luar negeri.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Godam, Selasa (19/11).

Menurut Godam, pencegahan dilakukan karena ratusan WNI yang mayoritas berasal dari Pulau Jawa itu tidak memiliki tujuan yang jelas untuk pergi ke luar negeri.

Diduga mereka hendak menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non prosedural.

"Kita periksa dokumen keberangkatannya, ternyata tidak lengkap dan tidak jelas tujuannya. Untuk itu, kita cegah dan tunda proses keberangkatan mereka," kata Godam.

Godam menuturkan, WNI yang dicegah kepergiannya di Bandara Soekarno-Hatta tersebut pun mayoritas akan berangkat menuju Malaysia, Korea, dan Arab Saudi. Negara-negara tersebut disinyalir menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia menjadi Tenaga kerja Indonesia (TKI).

"Ada beberapa negara yang mereka tuju dan masih kita tunda atau dicegah keberangkatannya, sampai nantinya mereka bisa melengkapi berkas secara legal," ungkapnya.

Meski begitu, pencegahan tersebut hanya bersifat penundaan sampai para WNI tersebut dapat melengkapi dokumen keberangkatan.

"Mereka yang ditunda keberangkatannya diberikan Surat Tanda Penerimaan bahwa paspor mereka ditarik sementara oleh petugas dan dikirimkan kembali ke Kantor Imigrasi yang menerbitkan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," tandasnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds