Oligarki Makin Berkuasa, PKS Tolak Pilkada Kembali Ke DPRD

Politik  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 01:58:00 WIB | LAPORAN: FAISAL ARISTAMA

Oligarki Makin Berkuasa, PKS Tolak Pilkada Kembali Ke DPRD

Sohibul Iman/Net

RMOLBANTEN. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menentang keras wacana pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan dikembalikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Penolkan itu disampikan langsung Presiden PKS, Sohibul Iman di kantor DPP PKS, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (19/11).

Sohibul menegaskan, pihaknya tetap menginginkan Pilkada dilakukan secara langsung.

Sebab, Pilkada melalui DPRD diyakini bakal melanggengkan oligarki politik di Indonesia.

"Kita menyaksikan bahwa hari ini oligarki di dalam politik ini sangat luar biasa. Oleh sebab itu, kalau Pilkada dilakukan DPRD, kemungkinan oligarki semakin berkuasa," tegasnya.

Kata dia, pengembalian Pilkada ke DPRD juga dinilai akan mempersempit ruang gerak bagi para calon pemimpin yang memiliki kapasitas dan integritas. Para oligark disebutnya akan langgeng di pusaran kekuasan.  

"Kalau pemilihan lewat DPRD, kemungkinan orang-orang yang mempunyai kapasitas, kapabilitas, dan integritas tidak bisa mendapatkan kesempatan masuk dalam sirkulasi kekuasaan," tuturnya.

Sohibul berharap agar Pilkada dilakukan secara langsung dari rakyat dan untuk rakyat meski diakui masih memiliki beberapa catatan serius jika berkaca pada gelaran sebelumnya.

"Jadi kami memandang pemilihan langsung masih lebih baik. Bahwa ada masalah selama ini, tentu menjadi pekerjaan rumah bersama memitigasi akses-akses yang muncul dari Pilkada langsung itu," demikian Sohibul. [dzk] 

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds