Seks Bebas Faktor Utama Penularan HIV/AIDS di Tangerang

Kesehatan  MINGGU, 01 DESEMBER 2019 , 13:08:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Seks Bebas Faktor Utama Penularan HIV/AIDS di Tangerang

Seminar Hari AIDS/AUL

RMOLBANTEN. Mayoritas penderita HIV/AIDS di Banten berada di Tangerang Raya akibat prilaku seks bebas.

Demikian disampaikan dokter penanganan penderita HIV/AIDS RSUD Kabupaten Tangerang Dr. I Gede Rai Kosa saat menggelar Talk Show Hari Aids Sedunia di Tangcity Mall, Kota Tangerang, Minggu (1/12).

"Terdata hingga akhir 2018, ada sebanyak 11.238 orang dengan HIV dan AIDS di seluruh kabupaten/kota di Banten, 75 persen diantaranya berada di Tangerang Raya," ungkapnya.

Dari belasan ribu tersebut, sebanyak 2.989 orang telah beranjak dari hanya terjangkit HIV berlanjut ke tahap menderita AIDS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 298 orang meninggal dunia.

"Perlu dipahami bahwa orang dengan HIV belum tentu terkena AIDS, tapi orang yang terkena AIDS sudah pasti terpapar virus HIV, jadi AIDS adalah kondisi lanjutan jika virus HIV tidak ditangani dengan benar," jelas Dr. Rai Kosa.

Fakta yang mencengangkan berikutnya, yakni adanya peralihan tren media penularan HIV dari yang semula melalui penggunaan narkoba dengan jarum suntik tidak steril serta penyalahgunaan sabu yang berujung seks bebas.

"Sekarang mengarah pada LGBT, hubungan sesama jenis. Ada juga ibu-ibu rumah tangga, biasanya karena dapat 'kado' dari suaminya, untuk itu hal ini perlu disosialisasikan lebih masif agar masyarakat lebih aware dan menghindari perilaku seks bebas yang beresiko," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

Sandiaga Uno Usai Upacara Senja

RABU, 16 OKTOBER 2019 , 21:18:00

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

Gubernur dan Kapolda Sambangi RSUD Pandeglang

KAMIS, 10 OKTOBER 2019 , 17:04:00

The ads will close in 10 Seconds