Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSU Tangsel Persiapkan Penilaian SNARS Edisi 1.1

Kesehatan  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 09:26:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSU Tangsel Persiapkan Penilaian SNARS Edisi 1.1

Sosialisasi SNARS 1.1/LAN

RMOLBANTEN. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 yang telah diperbaharui dengan Permenkes Nomor 30 tahun 2019 Tentang Klasifikasi dan Perijinan Rumah Sakit.

Setiap rumah sakit yang telah mendapatkan ijin operasional harus diregistrasi dan diakreditasi. Akreditasi adalah salah satu syarat untuk perpanjangan ijin operasional dan perubahan kelas rumah sakit tersebut.

Sejalan dengan Permenkes nomor 12 Tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit disebutkan bahwa tujuan akreditasi rumah sakit adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, meningkatkan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit, serta mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Standar Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang digunakan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) selalu diperbaiki dan dikembangkan. Tahun ini, KARS menggunakan SNARS Edisi 1, tahun depan sudah menggunakan Edisi 1.1, yakni perbaikan dari SNARS Edisi 1.

Untuk itu, RSU Tangsel menggelar workshop internal Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) 1.1 di Ruang Blandongan, Puspemkot Tangsel, Jalan Maruga Raya, Ciputat, Tangsel, Selasa (3/12).

Workshop yang diisi langsung oleh tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dr. Mary S. Maryam,MHA,PhD, yang memberikan penjelasan aspek-aspek mana saja yang harus diperbaiki.

Ketua Tim Akreditasi Dokter Spesialis Gizi Klinik RSU Tangsel, dr. Dian Permatasari, M.Gizi., Sp.GK menjelaskan bahwa adanya workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan mutu di RSU Tangsel.

"Ini merupakan persiapan yang dilakukan RSU Tangsel untuk meningkatkan pelayanan mutu RSU, khususnya dalam menyambut penilaian SNARS edisi 1.1 pada Desember 2020 mendatang. Karena penilaian akreditasi rumah sakit dilakukan tiga tahun sekali. Sebelumnya dilakukan tahun 2017," ungkap Dian.

Adapun penilaian SNARS edisi 1.1 melibatkan tiga kelas, yaitu kelas manajemen, kelas medis, dan kelas perawatan.

Kelas manajemen, diantaranya meliputi peningkatan mutu, keselamatan pasien, tata kelola rumah sakit, dan lainnya.

"Sedangkan kelas medis, meliputi pelayanan kamar bedah, pelayanan pasien, dan lainnya. Kalau untuk kelas keperawatan, diantaranya meliputi pencegahan dan pengendalian infeksi, dan lainnya," jelasnya.

Dalam penilaian tersebut, terdapat 15 kelompok kerja (Pokja) yang akan diikutsertakan dalam penilaian akreditasi tersebut.

"Elemen penilaiannya banyak. Selain itu, yang terlibat dalam penilaian pun banyak, terdapat sekitar 15 kelompok kerja yang bertugas di RSU. Tahun ini kita melibatkan seluruh kepala ruangan terutama perawat-perawat, kepala unit, kepala instalasi, bidan, bahkan sampai Direktur juga kita libatkan di SNARS edisi 1.1 ini," papar Dian.

Dian juga menuturkan, bila dibandingkan penilaian SNARS edisi 1, penilaian SNARS edisi terbaru kali ini memiliki aspek tambahan.

"Perbedaannya tidak terlalu banyak, ada penambahan dari program nasional. Diantaranya Geriatri (cabang kedokteran yang mempelajari keadaan fisiologis dan penyakit-penyakit pada usia lanjut, dan fokus pada penuaan dini) dan PPRA (Program Pengendalian Resistensi Antimikroba) untuk pengendalian resistensi antibiotik. Sedangkan untuk penilaian sebelumnya itu tidak ada," tuturnya.

Maka dari itu, dalam jangka waktu yang masih panjang pihak RSU Tangsel akan mempersiapkan aspek-aspek yang masih belum tercukupi.

"Adanya workshop ini sangat berguna. Jadi kita harus siapkan semuanya agar sesuai dengan standar akreditasi yang sudah dibuat," tutupnya. [ADV]



Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds