Lomba Design Busana Batik Lebak Untuk Lestarikan Warisan Budaya

Pariwisata & Budaya  SENIN, 09 DESEMBER 2019 , 01:52:00 WIB | LAPORAN: OBI JAYA

Lomba Design Busana Batik Lebak Untuk Lestarikan Warisan Budaya

Penghargaan lomba design batik Lebak/Repro

RMOLBANTEN. Memeriahkan Hari Jadi Ke-191, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lebak menggelar lomba design Busana Batik Lebak/Tenun Baduy.

Kegiatan mendapat antusias luar biasa tidak hanya masyarakat Kabupaten Lebak peserta lomba design busana Batik ini juga banyak berasal dari luar Lebak, seperti DKI Jakarta, Serang dan Jawa Barat.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya menyatakan design busana Batik Lebak merupakan implementasi dari visi Dekranasda Kabupaten Lebak yaitu terwujudnya industri kerajinan dan budaya daerah yang tangguh dan berdaya saing menuju Lebak sejahtera.

Iti menambahkan banyak kerajinan yang bisa dikembangkan dan ditingkatkan yang nantinya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lebak.

"Semoga kegiatan ini dapat memotivasi para designer khususnya di Kabupaten Lebak sehingga dapat memunculkan karya-karya busana yang lebih modis dan up to date juga menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan dapat bersaing ditingkat nasional," terang Iti saat memeberi sambutan di Plaza Lebak, Minggu (8/12).

Sementara, fashion designer dan budayawan, Era Sukamto, mengatakan kegiatan ini sangat bagus dan positif yang bisa memberdayakan banyak hal, mulai dari sumber manusia dan wastranya.

"Wastranya itu adalah kekuatan yang dipakai, jadi orang tuh bisa menceritakan kebanggaan daerahnya sendiri dan bisa juga dijadikan kebanggaan nasional," terangnya.

Era Sukamto, berharap Lebak bisa menemukan jati diri, sehingga bisa berkarya tidak hanya sekedar produk tapi lebih kepada mempresentasikan jiwa dan budayanya.

"Saya rasa Lebak Bisa," Tegas Era.

Dalam lomba ini, pemenang juara 1 Lomba Design Busana Batik Lebak dimenangkan peserta asal Jakarta, juara 2 asal Panggarangan dan juara 3 asal Rangkasbitung. [obi]

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds