APKLI: Penertiban PKL Bukan Solusi

Daerah  SENIN, 09 DESEMBER 2019 , 18:54:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

APKLI: Penertiban PKL Bukan Solusi

Penertiban PKL/LAN

RMOLBANTEN. Meski kerap ditertibkan, Pedagang Kaki Lima (PKL) di bahu jalan sepanjang Pasar Serpong, Kota Tangsel nekad menjajakan dagangannya.

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tangsel yang kerap menertibkan PKL juga heran. PKL tetap nekat berjualan.

Kepala Satpol PP Tangsel, Mursinah bahkan tak segan-segan akan mengangkut dagangan para PKL. Untuk mencegahnya PKL berjualan kembali, Satpol PP pun akan memasang Camera Circuit of Television (CCTV) guna memantau PKL di Pasar Serpong.
"Kalau masih bandel ya kita angkut. Setiap hari kita tertibkan. Entar kita pasang CCTV. Petugas kami juga setiap hari ada di sini jaga-jaga," kata Mursinah, Senin (9/12/2019).
Menanggapi pernyataan Mursinah, Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKLI) Tangsel, Desman Ariando menegaskan, menertibkan dan mengangkut barang PKL oleh Satpol PP itu merupakan bukan solusi.
"Ya kalau hanya ditertibkan saja untuk apa ada Perda Tangsel Nomor 8 Tahun 2019 tentang penataan dan pemberdayaan PKL," ujar Desman.
Diketahui dalam Perda Tangsel Nomor 8 Tahun 2014 di Bab II Pasal 3 disebutkan Walikota melakukan penataan dengan cara pendataan PKL, pendaftaran PKL, penetapan lokasi PKL, pemindahan lokasi PKL dan peremajaan lokasi PKL.
"Lima langkah tersebut sudah dilakukan apa belum?. Kalau penertiban kan acuannya Perda Tangsel Nomor 9 Tahun 2012 tentang Penertiban Umum. Penerapan Perda Tangsel Nomor 9 Tahun 2019 belum berjalan," tegasnya.
APKLI Tangsel lebih setuju jika ada relokasi PKL dari pada penertiban.
"Ya masak iya Satpol PP harus setiap hari melakukan penertiban. Kan penertiban itu pakai anggaran. Kalau ada solusi soal relokasi PKL, saya kira lebih efisien," ungkap Desman.[ars]


Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds