Dewan Tetapkan Lima Anggota KI Banten

Parlemen  RABU, 11 DESEMBER 2019 , 00:06:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Dewan Tetapkan Lima Anggota KI Banten

Ketua Komisi I DPRD Banten, Asep Hidayat/RUS

RMOLBANTEN. Lima orang Anggota Komisi Informasi (KI) Banten, nama-namanya telah ditetapkan Komisi I DPRD Banten. Sementara lima nama lainnya dibawahnya dijadikan cadangan.
 
Kelima Anggota KI tersebut, satu orang dari perwakilan pemerintah, empat orang lainnya dari masyarakat umum.
 
Ketua Komisi I DPRD Banten, Asep Hidayat ditemui usai rapat  paripurna, Selasa (10/12), menjelaskan, terpilihnya lima orang Anggota KI berdasarkan pemeringkatan nilai tertinggi dari penilaian lima indikator.
  
"Pada tanggal 4 Desember lalu kita sudah melakukan fit and proper  test terhadap 15 orang Calon KI Provinsi Banten. Di hari itu setelah prosesnya selesai, kita langsung putuskan lima besar Anggota KI dan 5 lagi untuk cadangan," ungkapnya.
 
Nama-nama Anggota KI Provinsi Banten tersebut lanjut Asep telah disampaikan ke Ketua DPRD Banten Andra Soni, untuk dilanjutkan ke Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) untuk disahkan.

Terkait nama-nama, Asep, mengaku tidak bisa menyampaikan kepada publik.
 
"Tadi, berita acara hasil proper tes oleh Komisi sudah kami sampaikan ke Ketua DPRD. Didalam berita acara sudah dicantumkan lima orang Anggota KI Banten, termasuk lima orang cadangan. Nanti yang mengumumkan Pak Gubernur Banten langsung. Paling lambat pekan depan sudah diketahui resminya," ungkapnya.
 
Hasil dari uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh Komis I DPRD tersebut lanjut Asep, tidak bisa berubah.

"Kami telah menjalankan sesuai ketentuan menjalankan demokrasi yang dilakukan oleh Komisi I. Jadi keputusan yang sudah kami sampaikan dalam berita acara sudah final, tak ada yang merubahnya, baik oleh pimpinan DPRD maupun gubernur," ujarnya.
 
Adapun lima indikator penilaian calon KI disebutkan Asep adalah, keterampilan komunikasi dan human relation, kedalaman wawasan, pengalaman manajerial dan pendidikan, klarifikasi atas tanggapan masyarakat serta moral dan etika.
 
"Dari lima indikator itu nilainya  dikomulatifkan. Sedangkan adanya keterwakilan pemerintah satu orang dan empat orang dari unsur masyarakat luas sesuai dengan Peraturan KI Nomor 4 tahun 2016 di Pasal 19 ayat 3 dan pasal 20 ayat 1 sampai 5," ungkapnya.

Adapun 15 calon Anggota KI Banten yang akan mengikuti fit and proper tes pada 4 Desember lalu adalah Abdul Choir perwakilan dari masyarakat, Achmad Nashrudin perwakilan pemerintah, Apipi perwakilan masyarakat, Dorotul Bahiyah perwakilan masyarakat, Erlina Novita perwakilan masyarakat.

Selanjutnya, Fathijah Fitriany perwakilan masyarakat, Heri Wahidin perwakilan masyarakat, Hilman perwakilan pemerintah, Imron Khamami perwakilan masyarakat, Lutfi perwakilan masyarakat, Maskur perwakilan masyarakat, Nana Subana perwakilan masyarakat, Suwardi perwakilan masyarakat, Toni Anwar Mahmud perwakilan masyarakat, Zaenal Abidin perwakilan pemerintah. [dzk]

 

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds