Bisa Tiru Jabar, DPRD Dorong Tahura Dioptimalkan

Parlemen  KAMIS, 12 DESEMBER 2019 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Bisa Tiru Jabar, DPRD Dorong Tahura Dioptimalkan

Ilustrasi/NET

RMOLBANTEN. DPRD Provinsi Banten mendorong taman hutan rakyat (Tahura) dioptimalkan untuk lokasi wisata agar dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD).  

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Banten, Yoyon Sunjana ditemui usai rapat paripurna, Kamis (12/12).

Diketahui, Tahura Banten yang ada di 3 desa, Sukarame, Sukanagara, dan Desa Cinoyong dan Desa Kawoyang, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang denga luas 1.596 hektar sudah menjadi kawasan wisata, penelitian dan pendidikan, akan tetapi akan didorong lagi menjadi salah satu tempat primadona seperti di Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan sudsh menjadi badan layanan umum daerah (BLUD).
 
"Berdasarkan hasil kunjungan kerja, pengelolaan Tahura di Jabar bukan hanya untuk pelestarian lingkungan, akan tetapi dapat menunjang pendapatan bagi kas daerah. Di Jabar itu Tahura-nya sangat bagus. Jadi salah satu destinasi wisata yang berdampak pada PAD,".

Padahal kata dia, luas lahan Tahura di Provinsi Jabar lebih kecil dibanding kecil dari Banten.

"Luas Jabar hanya sekitar 500 hektar. Dan Tahura kita (Banten) lebih dari 1.500 hektar, atau tiga kali lipat dari Jabar," paparnya.

Oleh karenanya kedepan, komisi II akan mendorong penguatan pengembangan kawasan Tahura sehingga dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat.

"Kalau saja, Tahura Banten lebih dimaksimalkan lagi tidak hanya untuk pengembangan pelestarian hutan, menjadikan Tahura mencegah banjir serta kekeringan. Tapi juga memberikan multiplier effect kepada masyarakat sekitar. Perekonomian akan tumbuh lagi disana," paparnya.

Bila perlu kata politisi Demokrat dibuatkan regulasi penyokong pengembangan Tahura berupa peraturan daerah (Perda).

"Di aturannya, UU kita diberikan kewenangan pengembangan Tahura. Makanya kalau diperlukan Perda agar Tahura Banten lebih baik dan optimal lagi perannya, maka akan kami dorong ke arah sana," tandas Yoyon. [ars]
   


Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds