Keturunan Kiai Pejuang Banten Siap Tempur Di Pilkada Cilegon

Politik  JUM'AT, 13 DESEMBER 2019 , 20:48:00 WIB | LAPORAN: OBI JAYA

Keturunan Kiai Pejuang Banten Siap Tempur Di Pilkada Cilegon

Helldy Agustian/Ist

RMOLBANTEN. Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Cilegon, Banten, akan digelar 2020 mendatang. Persaingan politik di kota baja itu diprediksi bakal memanas.

Tidak berlebihan, jika Pemilukada Kota Cilegon banyak yang menyebut akan menjadi ajang pertarungan kubu konservatif melawan kubu progresif, pertarungan kubu lama dengan kubu baru.

Kubu itu-itu aja bertarung dengan kubu baru dengan harapan baru yang dianggap relatif bersih.

Penantang yang sangat potensial itu dan diterima rakyat Cilegon diantarnya adalah Helldy Agustian.

Helldy Agustian adalah sosok yang siap tampil dalam percaturan Pemilukada Kota Cilegon.

Menilik dari latar belakang keluarga, Helldy masih keturunan Kiai Arsyad Thowil. Mungkin, masyarakat Cilegon sendiri masih banyak yang sedikit tahu tentang Kiai Arsyad Thowil.

Dalam buku Sartono Kartodirjo Pemberontakan Petani Banten 1888”, dapat dilihat bahwa Kiai Arsyad Thowil adalah rekan seperjuangan Kiai Wasid dalam pemberontakan Cilegon 1888 melawan Penjajah Belanda.

Pasca pemberontakan Cilegon 1888, Kiai Arsyad Thowil ditangkap Belanda, di buang ke Sulawesi Utara hingga ahir hayatnya.

Pun, gairah perlawanan tampaknya mengalir juga dalam darah Helldy Agustian.

Ketua Yayasan Suara Hati Kita (YSHK) memantapkan hati untuk maju di Pemilukada Kota Cilegon. Helldy saat ini adalah petinggi Partai Berkarya atau tepatnya Ketua Dewan Pimpinan Partai Berkarya besutan anak Presiden Kedua Soeharto, Tomi Soeharto.

Pemilukada Kota cilegon 2020, Helldy, menegaskan diri untuk maju melawan petahana Ati Marliati. Sejumlah partai politik di Cilegon telah dijajakinya, diantaranya, Partai Gerindra, PKS, dan Kebangkitan Bangsa (PKB).

Helldy Agustian maju berangkat dari kekhawatirannya kondisi di Kotanya itu, jumlah pengangguran di Kota Cilegon terus mengalami peningkatan. Selama tiga tahun terakhir, Kota Cilegon tercatat sebagai daerah dengan jumlah pengangguran kedua terbanyak di Provinsi Banten.

"Tahun 2019 ini angka pengangguran di Kota Cilegon mencapai 9,68 persen. Sebuah ironi bagi Kota Cilegon yang merupakan kota industri,” ujar Helldy saat mendaftar ke Partai Gerindra.

Untuk solusi pengangguran, pihaknya telah menyiapkan program Rumah Siap Kerja yang merupakan bagian dari visi-misinya.

Dalam praktiknya, program ini dilakukan secara tripartit yakni pemerintah daerah melalui Disnaker, kalangan industri, dan masyarakat.

Helldy mengaku akan fokus pada pendidikan industri.

"Ini untuk memenuhi kebutuhan SDM industri berkualitas di Kota Cilegon dan bahkan daerah lainnya di Provinsi Banten,” katanya.

Rumah Siap Kerja, siap menampung masyarakat yang masih menganggur melalui berbagai program pelatihan keahlian industri, seperti pengelasan dan perpipaan, serta beragam keahlian hidup lainnya yang banyak dibutuhkan di tengah masyarakat seperti mencukur rambut, servis AC, dan menjahit.

Ada pula BUMD berbasis UMKM yang fokus membina produk unggulan khas di setiap kecamatan. Begitu pula jenis kewirausahaan yang selama ini belum dieksploitasi seperti ternak lele, bebek, dan agrobisnis, akan dibantu pemerintah dalam permodalan, pengemasan, hingga promosi dan pemasarannya.

Sejumlah persoalan krusial di berbagai bidang lainnya di beberkan Helldi. Persoalan pendidikan, kesehatan, serta persoalan hukum terutama kasus tipikor yang menjerat pejabat pemerintahan dan sejumlah program yang dipersiapkan sebagai solusi bagi setiap persoalan di Kota Cilegon.

Bidang pendidikan, Helldy menyatakan siap menciptakan pemerataan pendidikan di Kota Cilegon, khususnya di tingkat SLTP.

"Sudah 20 tahun umur kota ini, tapi kondisi pendidikannya masih begitu-begitu saja. Bahkan masih ada kecamatan yang tidak memiliki SMP Negeri. Idealnya nanti ada 18 SMP Negeri di Kota Cilegon. Semua tersebar merata, dimana minimal terdapat 2 SMP Negeri di tiap kecamatan,” ujar Helldy.

Untuk di bidang kesehatan, Helldy, akan mendorong terciptanya peningkatan pelayanan, dengan restrukturisasi infrastruktur mulai dari bangunan, akses jalan, ketersediaan obat, hingga tenaga medis seperti dokter ahli forensik.

Pencegahan kasus tipikor di kalangan pejabat, Helldy, akan menciptakan sebuah model pemerintah yang sangat transparan berbasis teknologi informasi.

"Sistem ini tentu bisa diakses langsung oleh masyarakat, sekaligus sebagai sarana menyampaikan aduan maupun masukan,” terang Helldy.

Diketahui, Helldy telah mendapat mandat dari Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto untuk maju sebagai bakal calon (balon) Wali Kota di Pilkada Kota Cilegon 2020.

Saat ini, Helldy telah mengantongi modal 4 kursi di DPRD Kota Cilegon yang diraih Partai Berkarya pada Pemilihan Legislative (Pileg) 2019 lalu.

Bahkan secara khusus dalam silaturahmi Partai Berkaya dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tommy Soeharto membahas Pilkada Kota Cilegon sebagai salah satu kerjasamanya.

Lalu apakah Helldy akan memutus oligarki di Kota Cilegon, kita tunggu saja. [dzk]



Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds