Ini Video Lengkap Pidato Din Bicara Muhammadiyah, Negara Dan Sentilan Utang BPJS 1,2 T

Politik  SENIN, 30 DESEMBER 2019 , 19:13:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

Ini Video Lengkap Pidato Din Bicara Muhammadiyah, Negara Dan Sentilan Utang BPJS 1,2 T

Din Syamsuddin/Repro

RMOLBANTEN. Pidato mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, yang menyebut BPJS kesehatan berutang membuat geger. Din juga berbicara soal hubungan Muhammadiyah dan Negara.

Pidato Din ini tidak hanya ramai di ruang publik tapi juga ramai menjadi perbicangan warganet. Terutama soal cerita BPJS Kesehatan. Pidato yang diposting tvMu Channel berdurasi 21.42 menit. Khusus mulai menit 19.22 Din bicara soal BPJS.

Din menyampaikan itu, saat saat memberi sambutan dalam Milad ke-61 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Launching Count Down Menuju Muktamar, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12) lalu.

Dalam pidato yang telah diberitakan sebelummnya, BPJS Kesehatan memiliki utang kepada Muhammadiyah sebesar Rp 1,2 triliun.

Utang itu berupa tunggakan tanggungan BPJS Kesehatan di seluruh rumah sakit milik Muhammadiyah.

"Saya mendapat banyak penyampaian, apakah betul Muhammadiyah berpiutang pada pemerintah, khususnya BPJS. Setelah saya tanya beberapa Ketua PWM, angkanya bukan yang beredar di DPR hanya Rp 350 miliar. Secara keseluruhan Rp 1,2 triliun. Itu hak Muhammadiyah," kata Din.

Din mengatakan bahwa Muhammadiyah tidak pernah ngotot menagih utang tersebut kepada pemerintah maupun BPJS Kesehatan. Walaupun di sisi lain Muhammadiyah tetap membutuhkan uang tersebut.

"Saya amati sebagai ketua ranting Muhammadiyah, pimpinan Pusat Muhammadiyah, pimpinan Wilayah Muhammadiyah dimana banyak rumah sakit tidak terlalu menggebu-gebu menagih kepada pemerintah. Walaupun saya tahu Muhammadiyah perlu uang itu," kata Din.

Muhammadiyah kata Din, memiliki prinsip memberi dan melayani, bukan meminta. Muhammadiyah juga memang sudah seharusnya memberi sumbangsih kepada Indonesia.

"Itulah Muhammadiyah, Muhammadiyah memberi dan melayani, bukan meminta," ujar mantan Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo tersebut. [dzk]

Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds