PKS: Ketegangan Dengan China Di Natuna, Pas Terapkan Slogan 'NKRI Harga Mati'

Politik  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 20:36:00 WIB | LAPORAN: WIDIAN VEBRIANTO

PKS: Ketegangan Dengan China Di Natuna, Pas Terapkan Slogan 'NKRI Harga Mati'

Halau kapal China Coast Guard/Net

RMOLBANTEN. Sekarang sudah saatnya menerjemahkan jargon "NKRI Harga Mati" dalam realitas nyata yang berhubungan dengan kedaulatan dan harga diri bangsa.

Begitu kata anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKS, Sukamta dalam diskusi publik bertema "Kedaulatan RI Atas Natuna" yang diselenggarakan oleh Centre for Dialogue And Cooperation Among Civilizations (CDCC) di Jalan Warung Jati Timur Raya nomor 7, Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (13/1).

Menurut Sukamta, pelanggaran yang dilakukan pemerintah komunis China tidak hanya melanggar hak berdaulat Indonesia di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) di Laut Natuna, tapi juga telah melakukan  pelanggaran dengan menghalangi penegak hukum Indonesia.

"Kita melihat bahwa yang dilakukan China ini melanggar ZEE, yang itu jadi haknya Indonesia. Apalagi yang dilanggar bukan hanya ZEE-nya, tetapi mereka sudah menghalangi penegakkan hukum oleh aparat Indonesia," terangnya.

Sukamta menegaskan DPR kompak mendorong pemerintah tegas dalam urusan kedaulatan. Tidak boleh ada pelanggaran sedikitpun. Kasus di Laut Natuna Utara, juga harus dijadikan momentum untuk merealisasi jargon "NKRI Harga Mati".

"Ini waktunya menerjemahkan jargon "NKRI Harga Mati" itu di dalam realitas," terangnya.

Dalam diskusi itu oleh Ketua CDCC Din Syamsuddin dan menghadirkan Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Damos Dumoli Agusman; pendiri dan CEO Indonesia Ocear Justice Initiative, Mas Achmad Santosa; pakar hukum Internasional, Hikmahanto Juwana; dan pakar hukum Laut internasional Prof Hasjim Djalal sebagai pembicara. [dzk] 

Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds