Kurikulum Terpadu, Ponpes Daar El-Rofa Lebak Buka Pendaftaran Santri Baru

Pendidikan  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 16:04:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Kurikulum Terpadu, Ponpes Daar El-Rofa Lebak Buka Pendaftaran Santri Baru

Foto: Repro

RMOLBANTEN. Pondok Pesantren Daar El-Rofa kembali membuka pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2020/2021. Ini merupakan tahun kedua pesantren membuka pendaftaran bagi umum. Baca: Ayo Mondok Di Pesantren Daar El-Rofa Warung Gunung Lebak

Pesantren asri yang terletak di Alun-alun Cemplang- Cempaka Warung Gunung Lebak membuka pendaftaran santri baru untuk tahun ajaran 2020/2021.

Pendaftaran mulai di buka pada bulan Maret-Juli 2020 mendatang dengan tiga gelombang pendaftaran.

Gelombang pertama akan di buka mulai 1 Januari 2020 hingga 31 maret 2020. Gelombang kedua 1 April 2020 hingga 31 Juli 2020, gelombang ketiga sampai Penerimaan Santri Baru (PSB) berikutnya.

Kepada Kantor Berita RMOLBanten, Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Daar El-Rofa Ustadz Abu Bakar mengurai sistem pendidikan di pesantren yang baru berdiri dua tahun itu.

Menurut ustadz Abu Bakar, model pendidikan di Pesantren Daar El-Rofa adalah Boarding School mengacu pada pondok modern dengan ditambahkan materi pondok pesantren salafi.

"Secara kedinasan juga kita ikuti program dan arahan dari pemerintah," terangnya, Selasa (14/1).
Video kegiatan di Pesantren
Dituturkan Ustadz Abu Bakar untuk materi pembelajaran di Pondok Pesantren Santri akan diajarkan mata pelajaran seperti fiqih, bahasa Arab, bahasa Inggris dan ketauhidan.

"Sementara untuk pelajaran pondok santri akan diajarkan beberapa kitab yang sudah termasyhur di kalangan pesantren seperti Fathul qorin, Safinatun Najah, akhlak Lil banin dan lainnya," urainya.
Ia pun merincikan beberapa syarat yang mesti dipenuhi dalam proses pendaftaran di pesantren tersebut.

Diantaranya, menyerahkan formulir pendaftaran, mengisi angket data calon santri, surat pernyataan wali santri.

Satu lembar fotocopy ijazah, SKHUN, akte kelahiran, dan kartu keluarga, kartu BPJS, KTP Kepala Keluarga. Menyerahkan pas foto berlatar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar.

Sementara pimpinan pesantren Daar El - Rofa' Suparman, menegaskan pesantren yang dipimpinnya berorientasi pada nilai keislaman keilmuan dan kemasyarakatan untuk mempersiapkan kader umat yang rahmatan Lil Al-Amin berakhlakul Karimah moderat dan toleransi.

Lingkungan sendiri kata Suparman bisa dilihat sangat asri di tengah lahan yang masih sangat hijau dan juga tidak jauh dari lingkungan penduduk.

Pondok Pesantren Daar El - Rofa' berupaya untuk mencetak manusia yang muttafaqoh fiddin untuk menjadi kader pemimpin umat.

Dengan mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Sebagai jenis pesantren modern,santri Pondok Pesantren Daar El - Rofa' diharapakan mempungai pikiran terbuka dan moderat, tanpa menghilangkan unsur peran Islam.

"Disiplin dan kesederhanaan, diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sehari-hari," demikian Suparman. [dzk]


Komentar Pembaca
Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

Dua Ketum Muhammadiyah Di Pemakaman

KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 13:25:00

Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

The ads will close in 10 Seconds