Ini Jawaban Petinggi Pemkot Tangsel Soal Kenaikan Harga Cabai

Ekbis  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 22:15:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Ini Jawaban Petinggi Pemkot Tangsel Soal Kenaikan Harga Cabai

Foto: LANI

RMOLBANTEN. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel, Maya Mardiana angkat bicara mengenai melonjaknya harga cabai hingga menembus angka Rp 80 ribu per kilo.

Menurut Maya, ada dua faktor yang menjadi penyebab kenaikan harga cabai di wilayah Tangsel. Faktor pertama yakni terkait cuaca dan faktor yang kedua adanya kenaikan harga di pemasok.

"Hal ini disebabkan karena faktor cuaca dengan curah hujan tinggi. Selain itu, permintaan meningkat pada saat Nataru (Natal dan Tahun Baru) kemarin, dan adanya kenaikan harga di pemasok," terang Maya, Selasa (14/1).

Menurut data yang dia catat, hingga kini harga cabai masih melonjak hingga sekitar 21 persen.

Untuk itu, Diseperindag Tangsel akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, yaitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi, dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten.

"Untuk solusi pasokan dan pemetaaan perkiraan waktu panen, termasuk kemungkinan untuk operasi pasar. Karena untuk operasi pasar tetap dipengaruhi ketersediaan pasokan cabai nasional," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, harga cabai di Pasar Serpong mengalami kenaikan drastis.

Harga cabai kriting mengalami kenaikan harga yang sangat drastis, dimana sebelumnya harga cabai kriting Rp 40 ribu per kilo menjadi Rp 70 ribu per kilo.

Sedangkan, cabai rawit yang sebelumnya di jual Rp 60 ribu per kilo menjadi Rp 80 ribu per kilo. Tak hanya cabai saja yang mengalami kenaikan harga.

Kentang yang semula Rp 14 ribu per kilo, naik Rp 16 per kilo. Pun, begitu juga dengan bawang putih yang semula Rp 30 ribu per kilo menjadi Rp 40 ribu per kilo.

Bawang bombay semula Rp 25 ribu per kilo menjadi Rp 30 per kilo. Hanya bawang merah yang mengalami penurunan harga semula Rp 40 ribu per kilo turun menjadi Rp 30 ribu per kilo. [dzk]



Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds