Dewan Kota Serang Mau Rebut Pulau Panjang, Ini Kata Bahrul Ulum

Parlemen  KAMIS, 16 JANUARI 2020 , 21:56:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Dewan Kota Serang Mau  Rebut Pulau Panjang, Ini Kata Bahrul Ulum

Bahrul Ulum/Repro

RMOLBANTEN. Lahirnya Kota Serang dalam prosesnya adalah salah satu bentuk kelegowoan Kabupaten, karena pemekaran tidak terwujud secara otomatis jika tidak ada persetujuan dari Kabupaten induknya. Baca: DPRD Kota Serang Ingin Rebut Pulau Panjang Dari Kabupaten Serang

Begitu kata Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum kepada Kantor Berita RMOLBanten, menyikapi keinginan DPRD Kota Serang merebut tiga wilayah di Kabupaten Serang, Kamis (16/1).

"Perda batas wilayah masuknya Pulo Panjang yang sebelumnya wilayah Kasemen masuk ke Pulo Ampel dan Desa Kaserangan dan Desa Beberan yang sebelumnya masuk kecamatan walantaka menjadi masuk ke wilayah Ciruas, merupakan salah satu syarat persetujuan terbentuknya Kota Serang," tuturnya.

Dalam undang-undang diterangkan Ulum, disebutkan hanya kecamatannya saja dan merujuknya adalah perda Kabupaten Serang tentang wilayah yang masuk ke Kota Serang.

"Jadi Perda tentang masuknya Pulo Panjang, Desa Kaserangan dan Beberan itu dibentuk sebelum pemekaran Kota Serang," ujarnya.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang ingin merebut tiga daerah yang saat ini masih berada di dalam wilayah administrasi Kabupaten Serang.

Ketiga wilayah ini yakni, pulau panjang di Kecamatan Tirtayasa, Beberan dan Kaserangan di Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang.

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang  Tubagus Ridwan Akhmad mengatakan, ada perbedaan batas wilayah  antara Undang-Undang pembentukan Kota Serang dan Perda di Kabupaten Serang.

"Ada perbedaan angka di UU pembentukan Kota Serang 265 kilometer tetapi di perdanya kabupaten itu kurang lebih di 254 kilometer ada selisih 11 kilometer," kata politisi PKS itu, Kamis (15/1). [dzk]



Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds