Atraksi Barongsai Tonggak Meriahkan Imlek Di Kota Tangerang

Pariwisata & Budaya  SENIN, 20 JANUARI 2020 , 16:57:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Atraksi Barongsai Tonggak Meriahkan Imlek Di Kota Tangerang

Atraksi barongsai/AUL

RMOLBANTEN. Suasana imlek 2020 ini mulai terasa di berbagai sudut di Kota Tangerang, salah satunya di Tangcity Mall. Berbagai kegiatan seperti atraksi Barongsai, konser alat musik tradisional, sampai tari seribu tangan khas Tiongkok ditampilkan untuk pengunjung.

Saat atraksi Barongsai Tonggak dimulai, ribuan pengunjung memadati atrium utama pusat perbelanjaan tersebut. Degungan alat musik tambur yang dipadu dengan gong kenong, serta nyaringnya suara pyeng-pyeng, membuat dua orang dibalik kostum Barongsai itu semakin atraktif di atas tonggak atau tiang sekitar 2 sampai 3 meter.

Setiap barongsai melakukan gerakan melompat dari tonggak satu ke yang lainnya, atau berdiri diatas satu tonggak saja, semua penonton sorak sorai kegirangan. Grup barongsai sendiri adalah Kun Seng Keng Indonesia, grup yang sudah melanglang kejuaraan dunia.

Ternyata lebih dari sekedar menghibur, adanya atraksi kebudayaan masyarakat pecinaan jelang Imlek 25 Januari nanti, penuh arti bagi sebagian penonton. Terlebih mereka yang merayakan, Sandra contohnya, dia merasa bangga kebudayaan leluhurnya dikenal dan dinikmati masyarakat luas.

"Ada perasaan bangga, senang pastinya, juga terharu. Kebudayaan yang saya kenal sejak kecil, dinikmati di dalam gang atau keluarga, kini juga banyak pecintanya dari masyarakat luas," tuturnya.

Bahkan dia sengaja mendatangi pusat perbelanjaan yang dia ketahui dari media sosial, bila ada atraksi barongsai.

"Di Tangerang kalau enggak salah ada tiga mal yang ada gelaran barongsai, juga ada atraksi bermain kecapi khas Tiong Hwa, seru banget," kata warga pecinaan Benteng asli Tangerang itu.

Menurutnya, di gang rumahnya itu banyak sekali seniman atau pemain barongsai. Bukan hanya asli warga Tiong Hwa, melainkan warga dari berbagai suku lain juga ikut bermain. Sementara, bukan hanya Barongsai Tonggak saja, ada juga teatrikal keluarga Panda atau 'Hoki Panda Treasure' yang membuat anak-anak loncat kegirangan menikmati pertunjukannya.

"Tahun ini kami mengambil tema Harta Karun dengan harapan pengunjung bisa merayakan Imlek di tengah kebersamaan keluarga yang penuh sukacita dan berlimpah kasih sayang, dimana hal ini adalah harta karun yang sebenarnya," ujar Building Manager Tangcity Mall, Wina Andriyani. [ars]

Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds