Tingkatkan Wisman, Geopark Ujung Kulon Tunggu Dukungan WH

Pariwisata & Budaya  SELASA, 21 JANUARI 2020 , 02:16:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

Tingkatkan Wisman, Geopark Ujung Kulon Tunggu Dukungan WH

Foto: Net

RMOLBANTEN. Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) diminta mengeluarkan rekomendasi atau surat dukungan terkait wisata alam Geopark Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang.

Alasanya, keberadaan tempat tersebut nantinya bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. Tak hanya itu saja, Geopark Ujung Kulon nantinya bisa diusulkan ke Unesco sebagai salah satu tempat keanekaragaman hayati dan ekologi tingkat internasional.
   
Kepala Dinas ESDM  Banten, Eko Palmadi usai melakukan rapat pengembangan Geopark Ujung Kulon dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Sekda Banten Al Muktabar, Senin (21/1) mengaku Geopark Ujung Kulon sudah dibahas selama dua tahun sejak 2018.
 
"Agar Geopark Pandeglang ini terwujud, kita harus melalui 31 tahapan. Sekarang sudah 29 tahapan. Tinggal tahapan rekomendasi dari Pak Gubernur Banten dan penetapan Geopark Ujung Kulon dari Menteri Dalam Negeri," katanya.
 
Ia menjelaskan, Geopark Ujung Kulon sudah sangat layak ditetapkan karena memiliki syarat dan eksistensi yang sudah memenuhi syarat.

"Kalau nggak salah Geopark Ujung Kulon ada di 7 kecamatan Kabupaten Pandeglang. Dan di lokasi itu banyak  jejak sejarah dan hewan-hewan yang hanya ada di Pandeglang seperti Badak Bercula Satu dan Banteng Pandeglang," terangnya.
 
Adapun jejak sejarah dimaksud adalah ledakan Tsunami tahun 1883 dan 2018 lalu. "Jejak itu tidak dimiliki oleh daerah atau belahan dunia lainnya.

Jika saja ditahun ini setelah Pak Gubernur Banten mengeluarkan dukungan dan Pak Menteri (Mendagri) mengeluarkan surat penetapan, maka satu tahun kemudian kita bisa mengusulkan ke Unesco agat menjadi Geopark Internasional," paparnya.

Selain dikenal dijadikan obyek penelitian oleh berbagai ahli dunia, Geopark Ujung Kulon menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Banten.

"Aksesnya mudah dijangkau dan yang pasti Geopark Ujung Kulon ini berbeda dengan Geopark yang ada dibelahan dunia manapun karena ada jejak sejarah tsunami Gunung Krakatau tahun 1883. Dan ini mampu memulihkan pariwisata di Banten," demikian Eko. [dzk]


Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds