Aksi Tolak Omnibus Law, Buruh Sweeping ke Pabrik

Keamanan  RABU, 22 JANUARI 2020 , 15:35:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Aksi Tolak Omnibus Law, Buruh Sweeping ke Pabrik

Aksi buruh di Kota Tangerang/AUL

RMOLBANTEN. Ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Banten Bersatu (AB3) menggelar aksi demonstrasi untuk menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja pada Rabu (22/1).

Aksi tersebut dimulai dengan konvoi melintasi pabrik-pabrik yang ada di kawasan Kota Tangerang untuk mengajak buruh yang masih bekerja untuk ikut bergabung menyuarakan tuntutan ke DPRD Kota Tangerang.
Presidium AB3, Dedi Sudarajat mengeklaim, massa yang akan berunjuk rasa diestimasikan berjumlah 10.000 buruh. Mereka mensweeping sekaligus menjemput rekan-rekannya.

"Kami menjemput massa di kawasan pabrik. Sekarang masih berkumpul. Kami tidak tahu jumlah pastinya, ini kemungkinan bisa lebih," ujar Dedi di kawasan industri Palem Manis, Jatiuwung, Kota Tangerang.

Ribuan buruh tersebut mulai bergerak dari sejumlah titik kawasan industri seperti kawasan Jatiuwung, Cibodas, hingga ke Gerendeng. Mereka masih menunggu para buruh lainnya untuk bergabung dalam aksi dan berkonvoi kendaraan menuju Puspemkot Tangerang.

"Jadi, nanti bertemu dengan massa dari wilayah timur pukul 1 siang di Tanah Tinggi, untuk long march bersama menuju gedung DPRD," jelas Dedi.

Di kawasan Puspemkot Tangerang puluhan petugas kepolisian dan Satpol PP tampak berjaga-jaga. Mobil pengurai massa juga telah dikerahkan. Meski di guyur hujan deras, aksi tersebut tetap akan dilakukan.

"Kami tetap demo sampai tuntas demi berjuang menolak Omnibus Law Ketenagakerjaan yang cenderung merampas hak buruh," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds