Pesawat Tujuan Tiongkok Disemprot Cairan Pembunuh Kuman

Keamanan  KAMIS, 23 JANUARI 2020 , 14:57:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Pesawat Tujuan Tiongkok Disemprot Cairan Pembunuh Kuman

Bandara Soekarno Hatta/AUL

RMOLBANTEN. Adanya penyebaran penyakit pneumonia berat yang diakibatka virus corona di Tiongkok membuat sejumlah maskapai penerbangan tujuan ke Tiongkok melakukan berbagai cara untuk pencegahan masuknya penyakit tersebut ke Indonesia.

Salah satunya yakni Lion Air Group, dimana setiap pesawat yang melakukan penerbangan langsung ke Tiongkok diwajibkan untuk membersihkan kabin pesawat menggunakan cairan multiguna pembunuh kuman atau disinfectant spray.

"Dalam tindakan pencegahan kita minta untuk melakukan penyemprotan cairan multiguna pembunuh kuman dengan sesuai prosedur yang berlaku serta menyediakan masker, sarung tangan dan cairan atau gel pembersih tangan, guna antisipasi tertular pada awak pesawat dan petugas layanan darat," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala, Kamis (23/1).

Tak hanya itu, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pun juga diminta untuk melakukan upaya pencegahan seperti memasang alat pendeteksi suhu di terminal kedatangan.

Senior Manager Of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II KCU Bandara Soekarno-Hata, Febri Toga Simatupang mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait yang melayani penerbangan langsung ataupun transit dari Tiongkok dan Hongkong untuk menyampaikan dokumen kesehatan berupa gendec dan manifest penumpang.

"Kalau di bandara tentunya kita sudah pasang alat pendeteksi suhu tubuh, ditambah juga setiap maskapai diminta menyerahkan dokumen kesehatan ke petugas kesehatan KKP setelah setelah mendarat," ujarnya.

Diketahui, antisipasi dilakukan mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia No. SR.01.0111/5888/2019 "Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio" pada 30 Desember 2019 dan No PM.04.021111143/2020 "Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang belum diketahui etiologinya" pada 03 Januari 2020. [ars]



Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds