Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi

Ekbis  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 16:23:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi

Pelaku UMKM/LAN

RMOLBANTEN. Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Tangsel diberikan pengenalan mengenai teknologi untuk memasarkan produk mereka melalui aplikasi yang diselenggarkan oleh Universitas Mercu Buana bekerjasama dengan Qasir.id dan Pamulang Square bertempat di Lantai 3, Pamulang Square, Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel, Kamis (13/2).

Dalam pengenalan penjualan berbasis online kepada UMKM, sebanyak 13 dosen dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi turut memberikan pelatihan.

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas Mercu Buana, Ratna Mutu Manikam mengatakan, saat ini masih banyak pedagang konvesional yang belum melek akan teknologi.

"Saat ini kan masih banyak pedagang konvesional, bagaimana cara untuk meningkatkan sistem dagang usahanya melalui berbasis online, bisa menggunakan handphone jadi memberdayakan smartphone-nya mereka," terang Ratna, Kamis (13/2).

Maka dari itu, dengan acara pengenalan sistem teknologi seperti ini kepada pelaku UMKM. Diharapkan, dapat meningkatkan penjualan produk mereka.

"Saya melihatnya ini baik, artinya kita tidak mau kalah dengan pedagang besar. Pedagang kecil juga bisa bersaing masarkan produknya. Harapan saya prospek kedepan sangat baik, dan sekarang banyak aplikasi yang bisa membantu mereka. Tapi kan mereka belum tau caranya disini tugas kita menjelaskan bagaimana caranya," ungkapnya.

"Dan kita juga kerjasama dengan aplikasi Qasir.id semacam aplikasi, nantinya semua barang hasil penjualan dan omset bisa tercatat," tambah Ratna.

Acara yang terbagi menjadi dua sesi ini, mendapat antusias yang baik oleh pelaku UMKM yang memasarkan produknya di Pamulang Square.

"Responnya sangat baik, karena ini akan terus berkelanjutan. Kita juga bekerjasama dengan pihak manajemen building Pamulang Square. Jadi nanti mereka bisa menyebarkan informasi ke pedagang yang tidak hadir. Karena disini hampir ada 600 pelaku UMKM," ucapnya.

Sementara itu, Ardiansyah mengatakan, aplikasi Qasir.id ini bisa menguntungkan para pelaku UMKM dari segi sistem penjualannya.

"Qasir.id ini aplikasi yang menguntungkan, dari pada harus menjual secara konvesional dan harus membutuhkan banyak biaya, jadi disini kita usulkan ke pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan benefit melalui aplikasi Qasir.id dan nanti akan diberikan free. Ditambah di acara ini, diberikan pelatihan ini loh aplikasinya, yang pasti lebih menguntungkan bagi pelaku UMKM," kata Ardiansyah. [ars]

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds