Chikungunya Mewabah, DPRD Tangsel Dorong Buka Posko Kesehatan

Parlemen  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 19:38:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Chikungunya Mewabah, DPRD Tangsel Dorong Buka Posko Kesehatan

Sukarya/LAN

RMOLBANTEN. Ketua Komisi II DPRD Tangsel, Sukarya menanggapi mewabahnya chikungunya di Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangsel menjadi perhatian semua pihak yang terkait seperti Dinas Kesehatan dan juga Dinas Lingkungan Hidup dan Keberishan (DLHK).

Terlebih, penyebaran penyakit chikungunya disebabkan oleh gigitan nyamuk karena faktor lingkungan yang kumuh dan tidak terawat.

"Iya memang dari faktor lingkungan, karenanya kumuh itu bukan persoalan kesehatan saja, Dinas Lingkungan juga harus bergerak, harus bekerjasama soal itu penanganan lingkungan," tutur Sukarya di DPRD Tangsel, Kamis (13/2).

Bahkan, Sukarya ingin penyakit chikungunya menjadi konsen agar tidak merebak ke wilayah lain.

"Di situ kan ada kader kesehatan, ya harus bergerak. Kepala puskesmas juga harus konsen itu, jangan sampai menyebar ke banyak warga. Harus ditangani cepat jangan lambat," ungkapnya.

Sukarya juga menyarankan, Dinas Kesehatan bersama puskesmas setempat membuka posko untuk pelayanan berobat warga.

"Kita dorong Dinas Kesehatan bersama puskesmas bikin posko, ya posko kecil saja," kata Sukarya.

Sebelumnya diberitakan, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel, Deden Deni menyatakan, akan tetap terus memantau perkembangan kesehatan warga Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangsel yang terjangkit chikungunya.

"Yang jelas kami akan memantau terus perkembangan warga disana sampai semua sembuh. Jika ada warga yang tidak bisa menuju puskesmas bisa hubungi petugas nanti akan datang," terang Deden saat dijumpai di Kantor Dinkes Tangsel, Serpong, Tangsel, Rabu (12/2).

Deden juga mengatakan jumlah penderita chikungunya sudah berkurang. Sebelumnya total 70 warga RT 01, 02, 04 dan 06 di RW 10 terjangkit gejala chikungunya.

"Sekarang hanya dibawah lima, sebagian besar warga sudah pulih. Sepertinya posko kesehatan juga tidak perlu. Karena tim terus memantaun kan," ujarnya. [ars]



Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds