Tak Hanya Wabah Chikungunya, Warga Ciputat Juga Terjangkit Leptospitosis

Kesehatan  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 20:37:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Tak Hanya Wabah Chikungunya, Warga Ciputat Juga Terjangkit Leptospitosis

Ilustrasi/NET

RMOLBANTEN. Puluhan warga Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangsel bukan hanya terjangkit penyakit chikungunya yang disebabkan gigitan nyamuk. Juga terserang penyakit leptospirosis yang diakibatkan dari virus urine tikus.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie saat dihubungi, Kamis, (13/2).

"Informasi sementara tidak semua chikungunya, yang chikungunya sekarang tinggal lima, selebihnya sudah sembuh. Dikhawatirkan itu bukan chikungunya semuanya. Sebagian karena letospirosis bakteri yang disebabkan oleh tikus pada saat banjir awal tahun," ungkap Benyamin, Kamis (13/2).

Orang nomor dua di Tangsel ini juga meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel untuk mengecek lokasi melakukan tindakan medis. Serta memberikan edukasi tentang menjaga lingkungan kepada warga.

"Makanya saya sudah minta ke Dinas Kesehatan untuk turun ngecek, kemudian lakukan tindakan medis di sana, kemudian bersama dinas teknis yang lain, sumber daya hidup, sumber daya air PU, ya melakukan pembersihan lingkungan atau apa lah," ujarnya.

Virus dari urine tikus sendiri, memang dikhawatirkan pasca terjadinya banjir awal tahun di Tangsel.

"Karena itu faktor lingkungan, akibat dampak banjir kemarin. Waktu kemarin kan memang Rawa Lele, Jombang banjir," kata pria yang biasa disapa Bang Ben ini.

Terpisah, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Tangsel, Imbar Umar Gazali mengatakan leptospirosis termasuk dalam kategori penyakit yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat karena dampaknya bisa mematikan.

"Penanganannya lebih lama dan lebih rumit. Makanya antisipasi mewaspadai. Dampaknya panas, kejang dan bisa mati juga," tutur Imbar.

Karena itu, pembersihan rumah yang terdampak banjir serta lingkungan harus benar-benar diperhatikan.

"Pembersihannya juga harus diperhatikan. Kalau bisa dengan menggunakan antiseptik dalam membersihkan rumah," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds