Terganjal Kemendagri, TPP Kota Serang Batal Naik

Kota Serang  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 16:56:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Terganjal Kemendagri, TPP Kota Serang Batal Naik

Ilustrai/Net

RMOLBANTEN. Keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk menaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) dilingkungan Pemda setempat harus kandas terhalang larangan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam surat balasan yang dilayangkan Kemendagri terkait usulan kenaikan TPP bagi ASN di lingkungan Pemkot Serang, Kemendagri menolak usulan dari Pemkot tersebut.

Kepala Inspektorat Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan, ada surat edaran dari Kemendagri bahwa pengajuan TPP dikembalikan seperti tahun 2019.

"Permohonan surat pengusulan kenaikan TPP ke Kemendagri sudah dibalas pada bulan Januari lalu bahwa untuk TPP Kota Serang tidak ada perubahan kembali ke tahun 2019," katanya, Jumat (14/2).

Namun dalam surat edaran itu, kata Yudi ada pengecualian bagi inspektorat dalam pengembangan organisasi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 72 tentang perangkat daerah.

"Disitu ada pengecualian, ini berkaitan dengan PP 72 berkaitan dengan pengembangan organisasi di inspektorat, jadi di inspektorat dimungkinkan atas dasar surat dari Kemendagri ada perubahan (TPP),” katanya.

Sementara itu, dalam surat tersebut dikatakan Yudi, tidak disebutkan secara detail alasan penolakan tersebut cuma mungkin karena ini permasalahan tingkat nasional jadi Kemendagri sedang melakukan kajian untuk pemenrian TPP ASN seluruh Indonesia.

"Mungkin nanti ada semacam aturan atau pedoman sehingga tidak terjadi gap. Mungkin sekarang terjadi gap di berbagai daerah kalau yang mampu sih tidak masalah," tuturnya.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin menuturkan ada beberapa pertimbangan yang mengharuskan TPP bagi ASN di Lingkungan Pemkot Serang naik salah satunya pertimbangan rapat luar kota OPD dibatasi.

"Jadi pertimbangan itu yang menjadikan kami ingin menaikkan TPP itu dari situ, (pengalihan) di APBD perubahan untuk pembangunan Kota Serang,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Imbas dari pengetatan amggaran yang dilakukan oleh Pemkot Serang pada tahun 2020 nanti, Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Pemkot Serang akan dinaikan sebesar 25 persen perpegawai.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang Wachyu B Kristiawan mengatakan, secara keseluruhan pagu anggaran kenaikan TPP ASN Kota Serang mencapai 25 persen atau sekitar Rp 30 miliar.

"Jadi sebetulnya kita efisiensikan kaya honor (kegiatan), tahun depan itu sudah gak ada lagi, jadi semuanya di TPP saja," terangnya. [dzk]



Komentar Pembaca
Airin Audensi Dengan Kapolri

Airin Audensi Dengan Kapolri

SELASA, 17 DESEMBER 2019 , 14:10:00

Wapres Di Wisuda UIN Banten

Wapres Di Wisuda UIN Banten

SENIN, 16 DESEMBER 2019 , 01:38:00

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

Penghargaan Istimewa KPK Buat WH

SELASA, 10 DESEMBER 2019 , 03:17:00

The ads will close in 10 Seconds