Bapeten: Paparan Radiasi Nuklir di Tangsel Jenis Cesium 137 Bisa Bikin Mandul Dan Kanker

Kesehatan  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 , 17:24:00 WIB | LAPORAN: LANI PAHRUDIN

Bapeten: Paparan Radiasi Nuklir di Tangsel Jenis Cesium 137 Bisa Bikin Mandul Dan Kanker

Lokasi paparan radiasi di Tangsel/LAN

RMOLBANTEN. Kepala Biro Hukum, Kerja sama dan Komunikasi Publik, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Indra Gunawan langsung mengecek lokasi adanya paparan radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Setu, Tangsel, Sabtu (15/2).

Dijelaskannya, paparan radiasi berawal dari peralatan Bapeten yang menemukan paparan radiasi dan langsung melokalisir lokasi.

"Kita ketahui dari perlatan kita pada saat melakukan pemeriksaan reguler pengukuran backkground di wilayah ini. Dan diketahui ada paparan radiasi yang meningkat sehingga tim memutuskan melokalisir daerah ini," ujar Indra dilokasi, Sabtu (15/2).

Di area tanah kosong 10x10 meter yang merupakan titik sumber paparan radiasi, kemudian spot tanah tersebut diangkat untuk dilakukan pengecekan lebih dalam.

"Kemudian diketahui di area 10x10 meter ada beberapa spot yang ditengarai sumber radiasi yang sudah diangkat. Setelah diangkat, tetap pastikan masih tinggi atau tidak. Selanjutnya ada tahapan teknis mengangkat tanah, sampai berapa lama belum tahu dan berapa dalamnya, intinya sampai tenang," ungkapnya.

Diketahui radiasi tersebut bernama cesium 137, jika terpapar kelebihan ke manusia akan menimbulkan bahaya.

"Kalau bahaya secara umum bahaya, itu kan memancarkan radiasi dari jumlah tertentu tidak baik untuk kesehatan. Secara umum radiasi penyebab kanker, kedua mandul," ucap Indra.

Bapeten juga akan mencari tahu, mengapa benda tersebut bisa berada di Batan Indah. Dan, ini masih dalam penyelidikan Bapeten.

"Karena ini bukan tempat untuk membuang hal semacam itu. Karena barang itu tidak bisa berjalan sendiri kesini artinya ada orang yang meletakan atau membuang sehingga barangnya ada disini," pungkasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds