Rebut Aleppo, Assad: Perang Belum Berakhir

Internasional  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 13:16:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Rebut Aleppo, Assad: Perang Belum Berakhir

Presiden Suriah Bashar al-Assad/Reuters

RMOLBANTEN. Presiden Bashar al-Assad dengan bala tentaranya berhasil mengambil alih kembali kendali secara penuh pusat ekonomi, Kota Aleppo, dari pemberontak pada Minggu (16/2).

Assad yang jarang tampil justru memberikan pidato yang disiarkan di televisi pada Senin (17/2).

Dalam pidatonya itu, Assad bertekad tidak akan menyerah sampai mencapai kemenangan total. Cepat ataupun lambat.

"Pembebasan ini tidak berarti akhir dari perang dan tidak berarti akhir dari skema. Bukan akhir dari terorisme atau penyerahan (diri) musuh," ujar Assad seperti dimuat VOA.

"Itu (mengambil kembali Aleppo) berarti kita telah 'menggosok hidung mereka (pemberontak)' di tanah sebagai awal untuk kemenangan penuh," lanjutnya.

Assad mengatakan Aleppo akan jauh lebih kuat dari sebelumnya. Di mana selama 8 tahun terakhir, kota tersebut menjadi medan pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak.

Pria 54 tahun tersebut juga mengungkapkan pihaknya tengah bersiap untuk meraih kemenangan lain di Provinsi Idlib yang masih dikuasai oleh pemberontak, dengan atau tanpa dukungan Turki.

Turki bersama Amerika Serikat saat ini tengah berusaha untuk menghentikan berbagai manuver yang dilakukan oleh Assad, dengan mencoba memutus dukungan Rusia terhadap pemerintah Suriah.

Kemenangan Assad atas Aleppo juga sebenarnya tidak terlepas dari campur tangan Rusia.

Pada akhir pekan kemarin, pasukan Suriah yang dibantu kekuatan udara Rusia berhasil merebut 30 desa di Aleppo hanya dalam tempo satu hari.

Serangan tersebut juga diketahui tidak hanya memakan korban jiwa dari pihak militer namun juga sipil. Beberapa personel Turki yang dikerahkan di pos pengamatan pun ikut meninggal dunia. [dzk] 

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds