Kementerian Perindustrian Ajak Santri Tumbuhkan Wirausaha Baru

Ekbis  RABU, 19 FEBRUARI 2020 , 02:03:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Kementerian Perindustrian Ajak Santri Tumbuhkan Wirausaha Baru

Foto: RAG

RMOLBANTEN. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mengajak kepada seluruh santri yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fathaniyah untuk menciptakan wirausaha Baru IKM Berbasis Pondok Pesantren.

Hal itu disampaikan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin RI, Gati Wibawaningsih, di Indonesia Convention Exhibition, BSD City, Tangerang dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/2).

Dalam sambutannya Gati mengungkapkan bahwasanya santri yang berkehidupan di lembaga pesantren dengan modal moral dan pendidikan agama Islam menjadi modal utama untuk menjadi wirausaha terbaik.

"Karena untuk menjadi seorang wirausaha ia harus taat dan patuh kepada Tuhan Yang Maha Esa, santri soal ketaatan tidak diragukan lagi, sudah jelas menjadi amaliah kesehariannya," jelasnya.

Menurut Gati sudah 47 Pesantren yang tersebar di Indonesia yang mau bekerjasama untuk mengembangkan wirausaha.

Di Banten, kata Gati untuk tahun 2020 program perdana ada 3 Pesantren dengan total 250 santri dari Pondok Pesantren Al-Fathaniyah, Pondok Pesantren Madinatunnajah dan Pondok Pesantren Riyadul Jannah.

Sementara, pimpinan Pondok Pesantren Al-Fathaniyah KH. Matin Syarkowi menuturkan berwirausaha (membuat produksi roti) santri memang tepat sasarannya karena memang santri dididik untuk hidup mandiri.

Kiai Matin menuturkan awal berdirinya Ponpes Al-fathaniyah karena tingkat kepedulian masyarakat yang sangat tinggi untuk menjadi generasi bangsa yang berakhlak, berinovasi dan kreatif.

Tidak sedikit dari kalangan santri yang notabenenya berada dikalangan ekonomi menengah kebawah.

"Sejak saya masih dalam kandungan ibu saya sudah memproduksi roti untuk dipasarkan dimasyarakat serta menjadi konsumsi di pesantren. Lalu, Ketika dari pihak pemerintah mengajak kerjasama untuk menumbuhkan wirausaha santri bidang roti, saya apresiasi," tuturnya. [dzk]



Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds