Sambut Ujian Mandiri, Dindik Kota Serang Kirim Guru Ke Bali

Pendidikan  KAMIS, 20 FEBRUARI 2020 , 23:41:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Sambut Ujian Mandiri, Dindik Kota Serang Kirim Guru Ke Bali

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN. Menteri Pendidikan mengeluarkan Permendikbud No 43 tahun 2019 tentang penyelenggaraan ujian sekolah dan ujian nasional.

Dalam peraturan tersebut setiap sekolah mulai dari SD hingga SMA menggelar ujian sekolah secara mandiri mulai format soal hingga penyelenggaraannya diserahkan ke sekolah masing-masing.

Menyikapi hal tersebut Sekertaris  Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang Nursalim mengaku sudah membentuk tim untuk membuat persiapan dan kisi-kisi soal dan hal lainnya.

Sementara itu tugas tim yang dibentuk, dikatakan Nursalim disamping merumuskan kisi-kisi soal apa yang akan di cetak juga mengatur jadwal pelaksanaan ke pengawasan dan sebagainya karena dinas hanya memantau sifatnya.

"Kemudian kita juga mau mengirimkan guru yang ditunjuk oleh Kemendikbud untuk dilatih di Bali selama satu minggu," ujarnya, Kamis (20/2).

Diterangkan Nursalim, nantinya guru yang dikirim ke Bali akan menyampaikan keterampilan yang didapat kepada teman- teman guru yang ada di Kota Serang.

"Apa yang didapatkan supaya jadi persiapan menuju kemandirian membuat soal di sekolah masing masing. Jadi sudah siap tidak ada keluhan atau hambatan," tuturnya.

"Karena ini sudah jadi sistem maka harus dilaksanakan, kita juga sudah terbiasa seperti ulangan umum segala dari dulu kan sekolah yang membentuk soal, jadi sudah terbiasa membuat soal sendiri," ujarnya menambahkan.

Nantinya dalam ujian mandiri ini, dikatakan Nursalim, dinas pendidikan hanya mengawasi saja melalui pengawas kisi-kisi soal dan standarisasi soal tersebut. Sebab dalam pelaksanaan ujian, Dinas tidak boleh turut campur hanya memantau sifatnya.

"Untuk persiapannya sendiri  insyaallah sudah oke dan sesuai dengan tahapan sedang kita lakukan, Insya Allah gak ada kendala," tutupnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Resmikan Masjid An-Nahdlah

Resmikan Masjid An-Nahdlah

SELASA, 28 JANUARI 2020 , 04:01:00

The ads will close in 10 Seconds