Dana Kelurahan, Walikota Tangsel Gandeng Kemendagri

Daerah  SABTU, 26 JANUARI 2019 , 14:23:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

Dana Kelurahan, Walikota Tangsel Gandeng Kemendagri

Airin Rachmi Diany/ARS

RMOLBanten. Pemkot Tangsel akan mengundang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk secara khusus memberikan sosialisasi kepada lurah dan staff lurah terkait dana Kelurahan.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany sendiri mengaku elah menerima petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak Juknis) untuk Dana Kelurahan.

"Sekitar 300 juta lebih besarannya, pastinya saya kurang tahu. Tapi sekitar 300 juta lebih untuk tiap kelurahan," kata Airin, Jumat (25/1).

Airin pun, sudah mengecek Dana Kelurahan dan sudah mulai ada progres. Bahkan, minggu depan Pemkot Tangsel akan mengundang Kemendagri untuk memberikan sosialisasi kepada lurah dan staff lurah.

"Kemarin, sudah saya cek dan sudah mulai on progres. Insya Allah minggu depan kita mengundang Kemendagri untuk sosialisasi regulasi untuk dana kelurahan," ucapnya.

Airin meyakini lurah dan staff Kelurahan sudah memahami regulasi maupun aturan untuk Dana Kelurahan. Namun, tetap Pemkot Tangsel akan memberikan edukasi mengenai regulasi dana kelurahan.

"Saya yakin lurah dan staff lurah sudah memahaminya, karena pada saat proses penyusunan anggaran pasti diajarkan untuk regulasi aturan tentang dana kelurahan. Tapi, kami tetap akan meberikan edukasi para lurah dan staf kelurahan," terangnya.

Untuk mencegah penyalahgunaan Dana Kelurahan, Pemkot Tangsel akan menggandeng Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Tangsel dan juga Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Banten.

"Dan nanti kita kerjasama untuk mengawal Dana Kelurahan dengan TP4D plus dari BPKP Banten," tandasnya.

Diketahui, Dana Kelurahan merupakan program yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan pada awal 2019. Program ini sempat menjadi polemik karena bertepatan dengan Pemilu 2019. [dhn]



Komentar Pembaca
Mural Tikus Di Tangsel

Mural Tikus Di Tangsel

KAMIS, 14 OKTOBER 2021 , 06:18:00

Penghargaan WTP Ke-13

Penghargaan WTP Ke-13

SABTU, 16 OKTOBER 2021 , 06:23:00

Penghargaan Peraih Medali PON

Penghargaan Peraih Medali PON

SABTU, 09 OKTOBER 2021 , 06:30:00

The ads will close in 10 Seconds