PILPRES 2019

Tangkal Serangan Fajar Pemilu, Ini Strategi Bawaslu

Politik  RABU, 03 APRIL 2019 , 19:28:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tangkal Serangan Fajar Pemilu, Ini Strategi Bawaslu

Rudi Hartono/RMOL Banten

RMOLBanten. Beberapa hari lalu Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan ratusan amplop berisi uang yang diduga akan digunaka untuk serangan fajar pada Pemilu 2019 mendatang.

Temuan sama, disinyalir akan kembali marak pada Pemilu 2019 baik di Pilpres maupun Pileg.

Mengantisipasi tidak terjadi hal yang sama, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Serang akan melakukan patroli pengawasan.

Kordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga, Dan Kehumasan Bawaslu Kota Serang, Rudi Hartono mengatakan untuk mengantisipasi praktik serangan fajar pihaknya mulai H-10 sampai dengan H+10 pencoblosan akan ada piket patroli pengawasan.

"Nanti masa tenang akan ada tim Saber Anti Politik Uang dalam rangka pencegahan, isinya Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Jadi di masa tenang itu kita keliling ke setiap kecamatan dan kelurahan," katanya, Rabu (3/4).

Selain  melibatkan tiga institusi, Bawaslu akan melibatkan semua personel di pengawasan baik itu tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan dan tingkat Kota.

Saat ini Bawaslu lanjut Rudi, sedang melakukan pemetaan kerawanan TPS bersama kelurahan. Dengan melakukan pengolahan data dari pemilih sebelumnya, pilkada sebelumnya maupun analisis atau  temuan Bawaslu.

"Sebagai antisipasi early warning deteksi dini TPS mana rawan. Rawan ini, macam-macam seperti rawan politik uang, rawan mobilisasi masa dan rawan netralitas ASN nanti tau kita setelah dilakukan pemetaan," tukasnya. [dhn]



Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds