Muhammadiyah: Islam Adalah Agama Yang Mencerahkan

Nusantara  SENIN, 13 MEI 2019 , 10:15:00 WIB | LAPORAN: WIDIAN VEBRIANTO

Muhammadiyah: Islam Adalah Agama Yang Mencerahkan

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir/Net

RMOLBanten. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyatakan Islam merupakan agama yang mencerahkan bagi kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa, dan kemanusiaan universal.

Kata Haedar, pencerahahan merupakan nilai keutamaan yang tertanam dalam segenap kebaikan jiwa, pikiran, sikap, dan tindakan yang maslahat, berkeadaban, dan berkemajuan.

"Dengan berislam yang mencerahkan, setiap muslim senantiasa menyebarkan akhlak mulia yang menebar ihsan yang melampaui sekaligus rahmat bagi semesta alam,” katanya dalam pidato pembukaan Pengkajian Ramadhan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang diselenggarakan di Institute Teknologi Bisnis Ahmad Dahlan, ITB-AD, Ciputat, Jakarta, Minggu (12/5).

Sambung Haedar, Islam melarang keras umat untuk menyebarkan akhlak yang tercela atau al­ akhlaq al-madzmumah yang membawa kerusakan di muka bumi atau fasad fil-ardl.

Sebab, jika dihayati secara murni, Islam seharusnya menjadi pencerah hati, pikiran, sikap, dan tindakan setiap muslim,” tegasnya.

Atas alasan itu, Haedar ingin agar pencerahan yang menjadi pemikiran Muhammadiyah tidak berhenti sebatas teks yang indah. Melainkan diejawantahkan komitmen dan dilaksanakan dalam persyarikatan Muhammadiyah dan peran kebangsaan dan peran global.

"Kita sudah lama memperkenalkan istilah pencerahan. Ini sudah menjadi gugusan pemikiran dan menjadi perspektif pemikiran Muhammadiyah,” pungkasnya. [ars] 

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds