E-TLE Bawa Polri Sejajar Dengan Polisi Modern Di Dunia

Hukum  JUM'AT, 19 JULI 2019 , 19:44:00 WIB | LAPORAN: IDHAM ADHARI

E-TLE Bawa Polri Sejajar Dengan Polisi Modern Di Dunia

Foto: Net

RMOLBanten. Penerapan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Jakarta adalah bagian dari inovasi pelayanan Polisi dalam penegakan hukum modern.

Demikian disampaikan Direkur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Jumat (19/7).

Menurut Edi, sejak E-TLE dioperasikan 8 bulan lalu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mengirim sedikitnya 6.000 surat tilang ke alamat pemilik kendaraan yang terdeteksi melanggar peraturan lalulintas sesuai UU No 22/2009.

Pelanggar E-TLE paling besar adalah mereka yang tidak mengunakan sabuk keselamatan. Ribuan pemilik kendaraan yang melanggar tadi telah menyelesaikan tilang di Pengadilan,” kata Edi.

Meski banyak pro dan kontra penerapan E-TLE ini, kata Edi Polri terus maju. Lantaran sistem tersebut mendapat dukungan penuh dari masyarakat.

Penerapan E-TLE di Jakarta, yang ke depan akan diberlakukan di seluruh Indonesia, semata-mata dibuat untuk meningkatkan pelayanan Polri yang modern dan profesional dalam penegakan hukum. Agar polri semakin dipercaya masyarakat.

Selain menekan penyimpangan, E-TLE juga berfungsi membantu mengungkap kejahatan. Karena nomor kendaraan yang melintas terekam oleh CCTV yang disiapkan.

Selain itu, Edi berharap inovasi modern yang digagas Kapolri ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk makin tertib berlalulintas.

"Kehadiran E-TLE bisa memposisikan Polri sejajar dengan polisi modern di dunia,” tutup pakar hukum dan kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini. [ars]  

Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

The ads will close in 10 Seconds