HUT RI KE-74

5.670 Napi Se- Banten Dapat Kortingan Tahanan

Hukum  SABTU, 17 AGUSTUS 2019 , 20:56:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

5.670 Napi Se- Banten Dapat Kortingan Tahanan

Foto: RAG

RMOLBanten. Sebanyak 5.670 penghuni lembaga permasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) di Provinsi Banten pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 mendapat remisi kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM Provinsi Banten, Imam Suyudi, saat melakukan upacara pemberian remisi di Lapas kelas 2 A Serang, Sabtu (17/8).

Imam menjelaskan bahwa, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berhak mendapatkan remisi umun yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus.

"Itu sebagai bentuk penghormatan negara memberikan remisi kepada WBP, agar WBP itu bisa menyadari kesalahanya," katanya.

Ia berharap dari kegiatan yang diberikan seperti pembinaan mental, keterampilan, dan sosial, WBP bisa menyadari kesalahanya.  Dan mereka (WBP) tidak mengulangi perbuatanya.

Banyak keterampilan yang dilakukan WBP di dalam Lapas, seperti bercocok tanam, membuat kerajinan tangan, menjahit dan sebagainya.

"Tentunya saya berharga, setelah mereka mendapatkan semua itu bisa hidup bersama masyarakat secara produktif," pungkasnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Banten Al Muktabar mengatakan, pihaknya berharap dengan diberikan-nya remisi kepada WBP baik yang berstatus pengurangan ataupun yang bebas langsung untuk kembali menjadi warga di masyarakat dengan bekal  yang telah diberikan.

"Tadi juga pemerintah provinsi (Pemprov) memberikan bantuan untuk transportasi pulang bagi WBP yang bebas hari ini sebesar Rp 200.000 per orang," tukasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds