Atasi Kekeringan Di Banten, ACT Turunkan 20 Armada Water Tank

Daerah  KAMIS, 22 AGUSTUS 2019 , 14:53:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Atasi Kekeringan Di Banten, ACT Turunkan 20 Armada <i>Water Tank</i>

Aat Solihat/RAG

RMOLBanten. Air merupakan salah satu aspek krusial yang dibutuhkan manusia, tanaman dan hewan. Ketiadaannya menyebabkan kelaparan, mal nutrisi, hingga mewabahnya berbagai penyakit mematikan.

Demikian diterangkan Branch Manager Aksi Cepat Tanggap (ACT) Serang Aat Solihat kepada wartawan di Kantor ACT jalan raya Cilegon Lontar Baru Kota Serang, Kamis (22/8).

Kata Aat, ACT cabang Serang melalui program distribusi air bersih memberangkatkan 9 armada water tank untuk 10 titik kekeringan yang tersebar di wilayah Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kita Cilegon.

"Pembagian air ini merupakan stimulan awal dari kami untuk mengentaskan kekeringan yang harapannya untuk jangka panjang bisa berkolaborasi dengan semua elemen masyarakat untuk bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi," katanya.

Untuk saat ini, pembagian air dilakukan serentak dilakukan di Nasional dan untuk di Serang akan dialokasikan khusus di Kabupaten Serang dan Kota Serang nanti akan dilanjut ke Kabupaten- Kota lainnya.  

"Hari ini kita bagikan air di Kota Serang tepatnya di Kecamatan Walantaka, Kasemen. Sementara untuk Kabupaten Serang di  Lebak wangi, Petir, Pontang, Lebak wangi dan Kubang jaya nantinya total ada 20 Armada water tank termasuk Lebak dan Pandeglang," katanya.

Aat berharap kedepannya untuk dapat mengatasi kekeringan dan sebagai upaya masyarakat tidak terpapar lagi kekeringan harus disiapkan dana menjaga sumur- sumur yang sudah ada ataupun yang akan di bangun.

"Untuk mengatasi kekeringan ang sangat dibutuhkan ke depan adalah pembuatan sumur, kita (ACT) kedepannya bisa menyediakan wakaf sumur baik suami dangkal, sumur famili, sumur dalam maupun sumur artesis," ujarnya.

Melalui tema kekeringan mematikan, dikatakan Aat Solihat, dengan adanya pembagian air bersih bisa jadi momentum kekuatan untuk saling berbagi dengan sesama.

"Mengatasi kekeringan ini, kami tidak bisa jalan sendiri tapi harus berjalan bersama mengentaskan kekeringan khususnya di wilayah Banten," ujarnya.

Sementara itu, Sekertaris BPBD Kabupaten Serang Babay  menuturkan untuk di Kabupaten Serang sendiri di Kabupaten Serang sendiri yang paling terdampak di  wilayah Utara

"Wilayah Utara itu sangat membutuhkan air seperti di Pontang, Puser, Tirtayasa, Tanara dan lainnya. Kami hari ini senang bahwa ACT punya kepedulian yang baik mengentaskan kekeringan di wilayah Utara," ujarnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tongkat Komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Titik Jatuh Sriwijaya Air

Titik Jatuh Sriwijaya Air

SENIN, 11 JANUARI 2021 , 01:01:00

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

Tanggap Darurat Banjir Kalsel

SABTU, 16 JANUARI 2021 , 00:41:00

The ads will close in 10 Seconds