Tim Ekskavasi Temukan Anak Tangga Di Keraton Surosowan

Pariwisata & Budaya  KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 09:40:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tim Ekskavasi Temukan Anak Tangga Di Keraton Surosowan

Tim Ekskavasi BPCB Banten/RAG

RMOLBanten. Sejak melakukan ekskavasi (penggalian) dari pertengahan bulan Juni lalu, Tim Ekskavasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten telah menemukan beberapa bangunan lama di keraton Surosowan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Penemuan tersebut diantaranya ruangan tempat menerima tamu kerajaan, ataupun benda purbakala sampai pecahan keramik dan gerabah asing dari berbagai dinasti kepemimpinan dulu.

Terbaru tim Ekskavasi BPCB telah menemukan struktur bangunan di situs Banten lama berupa anak tangga di sebelah utara Keraton Surosowan.

Ketua Eksvakasi BPCB Mimi Lumbyantari mengatakan, kegiatan ekskavasi yang dilakukan pada pertengahan bulan Juni telah menemukan beberapa temuan yakni temuan lepas dan temuan insitu.

"Temuan lepas itu banyak seperti mata uang, pecahan-pecahan gerabah, kramik dan masih banyak lagi. Sedangkan temuan insitu itu berupa struktur bangunan dan yang paling baru adalah temuan anak tangga," kata Mimi, Rabu (11/9).

Mimi menuturkan, anak tangga uang baru saja ditemukan diduga digunakan sebagai perlintasan keluar dan masuknya seseorang menuju kanal, karena menurut catatan sejarah kesultanan Banten dikelilingi oleh kanal.

Selain itu, penemuan anak tangga ini memperkuat bahwa Keraton Surosowan lebih luas dari apa yang nampak hari ini.

"Sebenarnya ada beberapa tahap pembangunan yang berbeda setiap berganti Sultan. Yang saya liat seperti itu," pungkasnya.[ars]



Komentar Pembaca
Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

Kampung Ubud Rumah Gleen Fredly

KAMIS, 09 APRIL 2020 , 00:15:00

Rush Money Bank Banten

Rush Money Bank Banten

KAMIS, 23 APRIL 2020 , 17:28:00

Check Poin Kota Tangerang

Check Poin Kota Tangerang

SABTU, 18 APRIL 2020 , 02:03:00

The ads will close in 10 Seconds