Konsensi Pemda Terhadap Pengelolaan SDA Masih Tinggi

Pendidikan  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 19:38:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Konsensi Pemda Terhadap Pengelolaan SDA Masih Tinggi

Diskusi/RAG

RMOLBanten. Berdasarkan riset yang dilakukan Bank Dunia peningkatan konflik agraria terjadi akibat tingginya konsesi pemerintah daerah dalam pengelolaan sumber daya alam kepada perusahaan.

Demikian dikatakan Akademisi Untirta Ail Muldi dalam diskusi bertajuk "Konflik Resolusi, Demokrasi dan Suara Kaum Miskin," di Serang, Selasa, (8/10).

Menurut Ail Muldi ada tiga faktor yang terlibat dalam konflik saat ini yakni pemda, perusahaan dan masyarakat lokal

Peran pemda dalam konflik tersebut, lanjut Ail karena belum modernnya pengelolaan pemerintah dalam rangka mencari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga lebih berfikir singkat dalam meningkatkannya.

"Pasca-otonomi daerah, pemda cenderung memudahkan investasi akhirnya berdampak terhadap marginalisasi masyarakat lokal yang menjadikan SDA sebagai sumber penghidupan," terangnya.

Dengan adanya hal tersebut, pada akhirnya muncul konflik antara masyarakat dengan pemda maupun perusahaan. Beberapa konflik tersebut banyak diisi dengan kekerasan, baik dalam menyampaikan pendapat, maupun saaat pengamanannya.

"Dalam menyelesaikan konflik ada tiga cara dari mulai persuasif, kohersif atau reward. Namun beberapa konflik yang terjadi dengan kekerasan, dirasa rasional dengan alasan mengganggu penghidupan masyarakat," jelasnya.

Ia mencontohkan dalam kasus penambangan pasir di Kecamatan Pontang Kabupaten Serang. Dimana proses konflik sudah sampai aksi radikal.

"Ada dua solusi dalam menyelesaikan konflik yang saya tawarkan, pertama adalah dialog konstruktif, yang kedua adalah join action," tandasnya. [ars]



Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds