Selesaikan Masa Jabatan Di Bolivia, Evo Morales: Izinkan Saya Kembali

Internasional  SENIN, 18 NOVEMBER 2019 , 14:08:00 WIB | LAPORAN: AMELIA FITRIANI

Selesaikan Masa Jabatan Di Bolivia, Evo Morales: Izinkan Saya Kembali

Evo Morales/Net

RMOLBANTEN. Dengan alasan menyelesaikan masa jabatannya yang terakhir, mantan Presiden Bolovia Evo Morales meminta diizinkan untuk kembali ke negara asalnya.

Pria 60 tahun itu menyampaikan dalam sebuah wawancara dengan Al Jazeera di Mexico City pada Minggu (17/11), di mana dia melarikan diri pasca mengundurkan diri sebagai presiden pekan lalu.

"Saya tidak mungkin berada di luar negeri. Saya terbiasa bersama orang-orang sebagai pemimpin serikat, presiden, melakukan pekerjaan," kata Morales yang menuduh lawan-lawannya berkonspirasi melawan pemerintahnya.

"Saya sangat merindukannya (Bolivia). Saya mencari cara hukum untuk kembali dan bersama orang-orang ketika mereka menentang kediktatoran, kudeta," tambah Morales.

Evo Morales yang merupakan pemimpin pribumi pertama di Bolivia menghadapi tekanan setelah pemilihan langsung pada 20 Oktober lalu.

Pasalnya pendukung oposisi turun ke jalanan untuk menentang terpilihnya kembali Morales.

Berminggu-minggu protes, Morales akhirnya mengundurkan diri pada 10 November lalu.

Sementara angkatan bersenjata mengumumkan bahwa mereka berpihak pada pengunjuk rasa anti-Morales dan menuntut agar dia mengundurkan diri.

Wawancara terbaru, Morales mengatakan bahwa jika diizinkan kembali, dia tidak akan berusaha mencalonkan diri lagi dalam pemilihan baru.

Namun dia mengatakan bahwa dia masih ingin menyelesaikan dua bulan terakhir masa jabatannya.

"Saya tidak tahu mengapa mereka begitu takut pada Evo, mereka tidak ingin saya berpartisipasi, tidak apa-apa, seumur hidup, untuk demokrasi. Saya pensiunkan pencalonan saya, tetapi mereka harus membiarkan saya menyelesaikan masa jabatan saya," demikian Morales. [dzk] 

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds