PDSPDI: Jangan Diskriminasikan ODHA

Kesehatan  MINGGU, 01 DESEMBER 2019 , 12:02:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

PDSPDI: Jangan Diskriminasikan ODHA

Senam Hari Aids Sedunia/AUL

RMOLBANTEN. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PDSPDI) Banten mengajak masyarakat untuk tidak mendiskriminasikan Orang dengan HIV AIDS (ODHA).

Demikian disampaikan Ketua PSDPDI Cabang Banten Dr. Edison Saragih saat peringatan Hari AIDS sedunia di Cikokol, Kota Tangerang, Minggu, (1/12).

"Kami ingin di momentum Hari Aids Sedunia yang jatuh pada 1 Desember ini sebagai pemahaman kepada masyarakat untuk menghilangkan diskriminasi kepada orang dengan AIDS," katanya.

Dr. Edison menuturkan, penanganan ODHA tidak dapat dilepaskan dari keterlibatan masyarakat, terutama para generasi muda, pemerintah, dan stakeholder terkait. Pasalnya, ODA memiliki hak yang sama untuk dapat menjalani kehidupan seperti mendapat pekerjaan, kehidupan yang layak, bersosialisasi, dan sebagainya.

"Saat ini masih banyak diskriminasi yang terjadi di masyarakat karena ketidaktahuan mereka apa itu HIV/AIDS, karena ketakutan dan kekhawatiran yang tidak benar, itu yang harus lebih disosialisasikan," jelasnya.

Ia pun mengajak puluhan dokter dari berbagai rumah sakit, ODHA, para pendamping, dan masyarakat untuk bersama-sama melakukan kegiatan dan aktifitas yang sama. Hal tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat bahwa ODHA dapat beraktifitas seperti masyarakat pada umumnya.

"Saya tekankan sekali lagi, HIV/AIDS hanya bisa menular melalui darah, hubungan seksual karena bisa ditularkan lewat sperma atau cairan dari kelamin, serta ASI, itu saja," tandasnya.

Pada peringatan Hari Aids Sedunia tersebut juga dilakukan senam pagi tersebut dilanjutkan dengan menandatangani spanduk sebagai bentuk solidaritas dan anti diskriminasi kepada ODHA, lalu diakhiri dengan talk show yang membahas seputar HIV/AIDS. [ars]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Rapid Test BIN Di Tangsel

Rapid Test BIN Di Tangsel

KAMIS, 14 MEI 2020 , 13:06:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds