SADARI Perkecil Resiko Kanker Payudara

Kesehatan  JUM'AT, 06 DESEMBER 2019 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: AHMAD RIZKI SUHAEDI

SADARI Perkecil Resiko Kanker Payudara

Komunitas Love Pink/ARS

RMOLBANTEN. Deteksi dini Kanker payudara bisa dilakukan dengan Periksa Payudara Sendiri atau SADARI.

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Love Pink (komunitas Kanker Payudara), Santi Persada ditemui usai penyerahan bantuan di Bintaro, Pondok Aren, Kota Tangsel, (6/12).   

"Deteksi dini kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan sendiri payudara, atau yang sering kita dengar dengan istilah SADARI, dapat memperkecil resiko kematian akibat kanker stadium lanjut," katanya.

Menurutnya, hingga saat ini Love Pink mendampingi dan mengobati 3.000 penderita kanker payudara se Jabodetabek. Pengobatan tersebut dengan cara terapi.

"Kalau kanker payudara stadium 1-3 terapinya 8 bulan hingga 1,5 tahun. Namun, kalau sudah stadium 4 harus dioperasi dan kemungkinan bertahan hidup hanya 27 persen," terangnya.

Kata dia, dengan bantuan yang diberikan Guardian (Hero Grup) melalui donasi konsumen akan dialokasikan untuk pemeriksaan kanker payudara gratis di 11 titik di Jabodetabek.

"Sepanjang tahun ini akan kita lakukan pemeriksaan dan terapi kanker payudara," ujarnya.

Sementara, Direktur Guardian Indonesia Naresh Kalani mengatakan, bantuan uang tunai sebesar RP 175 juta merupakan hasil pengumpulan dari konsumen yang berbelanja ke Guardian selama September-Oktober.

"Kami berharap dengan rutin melakukan edukasi yang terus menerus akan gaya hidup sehat dan deteksi dini Kanker Payudara seperti ini. Semakin banyak perempuan yang sadar akan risiko kanker payudara yang mengintai para perempuan dan melakukan langkah-Iangkah pencegahan yang diperlukan. Pada akhirnya, kami berharap angka kematian perempuan yang disebabkan kanker ini akan semakin berkurang," tutup Naresh. [ars]



Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds