Petugas Imigrasi Amankan Puluhan WNA Di Tangerang

Keamanan  SENIN, 09 DESEMBER 2019 , 16:21:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Petugas Imigrasi Amankan Puluhan WNA Di Tangerang

Rilis penangkapan WNA/AUL

RMOLBANTEN. Jajaran Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang mengamankan 25 warga negara asing (WNA). Puluhan WNA itu bermasalah dengan dokumen keberadaannya di Indonesia.

Mereka terdiri 22 orang WNA Nigeria, dua orang dari Pantai Gading, dan satu orang mengaku dari Afrika Selatan.

Kepala Kanwil Imigrasi Banten, Imam Suyudi, mengatakan, pihaknya mendapatkan sejumlah laporan adanya WNA yang diduga melakukan tindakan mencurigakan di sejumlah lokasi di Tangerang.

"Informasi didapatkan pada Rabu (4/12) siang dan malam harinya kita lakukan operasi, di malam itu kita mendapatkan sembilan warga negara asing di berbagai Apartemen di Kawasan BSD, Tangerang," ujar Imam, Senin (9/12).

Dari sembilan orang tersebut, pihaknya lantas melakukan pengembangan akan adanya WNA lain yang masih satu jaringan. Pengembangan tersebut pun membuahkan hasil, dimana 16 WNA lainnya diamankan.

"Dari total 25 WNA tersebut, hanya enam yang memiliki Passport, itu pun sudah overstay lebih dari 30 hari, sehingga kita lakukan penyelidikan apa yang mereka lakukan di Indonesia, apakah terlibat tindak pidana atau tidak dengan berkoordinasi," jelasnya.

Kini, ke 25 WNA bermasalah tersebut telah diamankan di ruang detensi Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang. Nantinya, jika tidak terlibat tindak pidana apapun di Indonesia maka akan segera di deportasi.

"Kita akan berkoordinasi dengan Polri terkait apakah ada keterlibatan tindak pidana, jika tidak, maka akan kita koordinasikan dengan kedubes negaranya masing-masing untuk segera di deportasi," tandasnya. [dzk]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds