Pilkada Sudah Dekat, Bupati Irna Rotasi Pejabat Eselon II

Pemilukada  JUM'AT, 13 DESEMBER 2019 , 17:04:00 WIB | LAPORAN: MAULANA

Pilkada Sudah Dekat, Bupati Irna Rotasi Pejabat Eselon II

Bupati Pandeglang Irna Narulita/MUL

RMOLBANTEN. Mendekati Pilkada 2020, calon petahana yang kini menjabat Bupati Pandeglang, Irna Narulita kembali merombak kabinet kerjanya pada Jumat (13/12) di Aula Pendopo Pandeglang.

Kini Irna melakukan rotasi dan mutasi kepada sejumlah pejabat eselon II hasil dari lelang jabatan yang telah digelar dan juga merotasi sejumlah pejabat ke instansi lainnya.

Menurut Irna, rotasi dan mutasi merupakan kebutuhan organisasi untuk mengisi kekosongan jabatan di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Tidak mudah menunjuk satu nama, itu karena harus melihat chemistry, lalu kebutuhan dan situasinya yang memang pemimpin harus fleksibel, tidak hanya jabatannya mensukseskan program tetapi harus bisa punya mitra-mitra dan kanan-kirinya harus bisa membangun kebersamaan itu tidak mudah,” ujar Irna usai pelantikan.

Irna mengatakan, formasi di setiap OPD sudah lengkap akan tetapi pada bulan Mei-Juni 2020 akan dilakukan kembali perombakan.

Hal itu dilakukan karena adanya beberapa pejabat yang pensiun ditahun 2020, dan lima pejabat di tahun 2021. Dan sebanyak 33 yang akan mengisi kekosongan tersebut sudah mendaftarkan diri untuk ikut seleksi open bidding.

"Selanjutnya akan ada pelantikan berikutnya karena di eselon III ada yang sebentar lagi pensiun, ada yang sudah tidak mau di kecamatan, jadi saya kan tidak otoriter dan saya tidak mau mengambil keputusan sendiri tetapi saya juga membaca bagaimana suara-suara mereka untuk minta penyegaran, karena pendekatan mereka ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat) bukan kepada saya tapi Baperjakat yang menyuarakan kepada saya,” terang Irna.

Lebih lanjut, kata Irna, masih ada beberapa eselon yang kosong yakni eselon IV-a, IV-b, dan banyaknya kekosongan di eselon III-b. Kekosongan tersebut akan di penuhi pada akhir tahun 2019 bersamaan dengan eselon III dan eselon IV, dan Ia akan menunggu sampai tanggal 28 Desember 2019 karena banyaknya pejabat yang pensiun.

Sehingga dirinya akan melakukan pelantikan selanjutnya untuk bisa memenuhi formasi agar dapat bergerak membantu kerjanya bersama Tanto yang harus disukseskan di tahun 2020 yang bertepatan dengan pertanggungjawabannya di depan masyarakat, dan para pimpinan anggota DPRD.

Irna mengaku telah memiliki catatan besar untuk mencetak keberhasilan dan memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Pandeglang dan ia percayakan kepada pejabat yang dilantik agar bisa memberikan pelayanan lebih cepat dengan berbasis elektronik kedepannya.

"RPJMD kami yang tertuang naik kelas semua atau tidak dari tahun ke tahun, itu yang harus kami evaluasi dan kami bedah, dan kami dorong dengan formasi yang baru tadi lebih cepat kerjanya, karena yang baru ini lebih cepat kerjanya dan kami perlu orang muda yang cepat mengambil keputusan tetapi juga fleksibel ke kanan-kiri," katanya.

"Karena ada juga organisasi yang tidak jalan organisasinya, dari awal hingga akhir sendiri para kabid dan kasi nya tidak di berdayakan dan sekdis juga banyak banyak tidak konek dan itu adalah kinerja yang sangat buruk,” tegas Irna.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Ali Fahmi Sumanta, mengatakan, ada 7 Pejabat Esselon III yang promosi ke Esselon II.

Promosi itu merupakan penempatan hasil dari seleksi open bidding yang dikerjasamakan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung.

Fahmi menyebut, tujuh OPD yang sebelum nya kosong, saat ini sudah terisi, yaitu staf ahli bupati bidang Kesra dijabat oleh Puji Widodo, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dijabat oleh Entus Bakti, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dijabat oleh Ahmad Saepudin, Kepala Dinas Sosial dijabat oleh Nuriah, Kadis Perikanan dijabat oleh Suaedi Kurdiatna.

"Dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dijabat oleh Doni Hermawan, Kepala Dinas Kependudukan dijabat oleh Ahmad Mursidi," demikian Ali Fahmi. [dzk]

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds