Hampir Adu Banteng, Garuda: Ini Kesalahan Pilot Saat Taxiway

Keamanan  SABTU, 14 DESEMBER 2019 , 11:32:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Hampir Adu Banteng, Garuda: Ini Kesalahan Pilot Saat <i>Taxiway</i>

Ilustrasi/Net

RMOLBANTEN. Insiden dua pesawat Garuda yang hampir adu banteng di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Kamis (12/12) penyebanya karena ada kesalahan pilot saat belok di taxiway.

Hal itu diungkapkan, Direktur Operasi Garuda Indonesia, Capt. Tumpal M. Hutapea dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Jumat (13/12)..

Menurut Tumpal, kesalahan belok tersebut membuat pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan GA 649 rute Ternate-Jakarta dengan jadwal keberangkatan pukul 08.15 waktu setempat

Akibatnya, pesawat tersebut sempat saling berhadapan (adu banteng) dengan pesawat lainnya yaitu GA 264 dengan rute Jakarta-Banyuwangi yang dijadwalkan berangkat pukul 10.20 WIB.

"Kejadian disebabkan penerimaan komunikasi yang kurang baik oleh pilot ketika pesawat mendarat saat cuaca buruk di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta”, kata Tumpal.

Tumpal memastikan, kedua pesawat tersebut sedang berjalan di kecepatan rendah di taxi way sehingga pesawat segera dapat dihentikan.

"Perlu kiranya kami sampaikan, pesawat sedang berjalan dengan kecepatan rendah di taxi way. Adapun pesawat dengan nomor registrasi PK-GMH tersebug telah ditarik mundur dengan menggunakan pushback car", jelasnya.

Ia pun menegaskan, 157 penumpang beserta 7 orang awak kabin yang berada di pesawat tersebut selamat dan keluar dari pesawat secara normal.

"Garuda Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang dialami oleh penumpang. Garuda Indonesia saat ini sedang menyelidiki kejadian tersebut dan ke depannya akan menjadi bahan evaluasi lebih lanjut," tutup Tumpal. [dzk]
    
Video Garuda Hadap-hadapan:




Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Novel Baswedan dan Para Aktivis

Novel Baswedan dan Para Aktivis

MINGGU, 14 JUNI 2020 , 20:04:00

The ads will close in 10 Seconds