WH: Dari Dulu Udah Saya Rayu Untuk Direlokasi

Daerah  KAMIS, 09 JANUARI 2020 , 12:52:00 WIB | LAPORAN: DEDI RUSTANDI

WH: Dari Dulu Udah Saya Rayu Untuk Direlokasi

Rakor penanganan banjir/IST

RMOLBANTEN. Pemprov Banten akan melakukan relokasi warga yang menempati area banjir di Kabupaten Lebak. Langkah ini diambil setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi)  meminta pemprov dan Kabupaten Lebak untuk merelokasi korban banjir bandang beberapa hari lalu.

Demikian disampaikan Gubernur Banten Wahidin Haim (WH) saat menghadiri Rapat Terbatas Penanganan Banjir yang dipimpin langsung oleh  Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Turut hadir, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya serta Bupati Bogor Ade Yasin.
   
WH mengatakan saat pertama kali mengunjungi para pengungsi di Kabupaten Lebak, mantan Walikota Tangerang sudah merayu para korban untuk bersedia direlokasi. Khususnya, untuk beberapa area permukiman yang berada di zona berbahaya pada alur Sungai Ciberang.

Ditegaskan WH, jika program-program terkait di Pemprov Banten akan diarahkan untuk mendukung program  penanganan bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak.

"Sewa rumah sementara sebelum dibangun rumah yang baru menjadi tanggung jawab Pemerintah. Selanjutnya akan dibangun rumah dan diberikan ganti rugi kepada rumah yang rusak ringan, sedang dan berat," ungkapnya.

Penanganan pasca bencana, khususnya pembangunan hunian tetap bagi para korban banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah Provinsi Banten, sebelumnya telah dibicarakan bersama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dan departemen terkait.

Sebelumnya, akan dilakukan inventarisasi agar bisa mengukur sisa lahan yang masih dapat digunakan. Dan jika tak ada sisa lahan, maka Pemerintah Provinsi dan Kabupaten akan mencarikan lahan. [ars]


Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

Deklarasi Jaringan Media Siber Indonesia

SABTU, 08 FEBRUARI 2020 , 17:58:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

The ads will close in 10 Seconds