KPK Jadi Tidak Bergigi, Desmond Mahesa: Gerindra Menolak Dewas

Politik  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 02:11:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

KPK Jadi Tidak Bergigi, Desmond Mahesa: Gerindra Menolak Dewas

Desmond J Mahesa/Dok

RMOLBANTEN. Wakil Ketua Komisi III Desmond J Mahesa mengatakan penggeledahan dilakukan KPK seharusnya dilakukan secara diam-diam tanpa diketahui oleh pemilik tempat tersebut.

Desmon menyikapi kegagalan tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel Kantor DPP PDI Perjuangan.

"Ya dalam konteks hukum acara, penggeledehan itu kan harusnya tidak diumumkan. Tujuan penggeledahan itu agar barang bukti tidak dihilangkan. Tapi kalau diumumkan seminggu kemudian digeledah, itu namanya omong kosong,” terang Desmond  di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (13/1).

Legislator asal Banten ini mengurai, dalam sejarah KPK berdiri, baru kali ini penggeledahan batal dilakukan atau KPK kesulitan untuk melakukan penggeledahan lantaran terbentur dengan peraturan UU baru No.19 tahun 2019 di mana Komisioner harus minta izin ke Dewan Pengawas terlebih dahulu.

Adanya Dewan Pengawas, kata Ketua DPD Gerindra Banten ini, dengan sendirinya melemahkan kinerja KPK terbukti dengan adanya kasus Komisoner KPU, Wahyu Setiawan, penyidik kesulitan untuk melakukan penggeledahan.

"Hari ini UU KPK dilemahkan. Apa yang terjadi hari ini membuktikan bahwa KPK dilemahkan. Maka fraksi Partai Gerindra menolak kan. Menolak dewas-dewas seperti ini,” jelasnya.

Artinya, kata Desmond, gagalnya KPK menggeledah DPP PDI Perjuangan ini merupakan dampak dari UU KPK dan Dewas yang menjadi semakin birokratis.

Menurut Desmond, KPK tidak berdaya melakukan penggeledahan terhadap institusi partai terlebih partai tersebut berkuasa.

"Jadi kalau ada pelemahan, produk pelemahan ya terjadi hari ini. Tinggal pemerintah merespons ini," katanya.

"Maka tuntutan perppu yang berkaitan dengan pelemahan ini dalam rangka memperkuat saya pikir kita respons dengan baik,” demikian Desmond. [dzk] 

Komentar Pembaca
Batik Kuning Dan Biru

Batik Kuning Dan Biru

KAMIS, 25 JUNI 2020 , 21:07:00

Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Rekomendasi Gerindra Untuk Muhamad-Rahayu Saraswati

The ads will close in 10 Seconds