Tahun Ini Rel Listrik Ditarget Rampung Sampai Kota Serang

Ekbis  SABTU, 18 JANUARI 2020 , 19:19:00 WIB | LAPORAN: RIZKI AKBAR GUSTAMAN

Tahun Ini Rel Listrik Ditarget Rampung Sampai Kota Serang

Menhub Budi Karya Sumadi di Stasiun Serang/RAG

RMOLBANTEN. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  (BKS) meninjau tiga stasiun kereta api (KA) di Banten yakni Stasiun Tigaraksa, Rangkasbitung dan Stasiun Serang.

"Sebagai satu daerah yang merupakan penunjang Jakarta, dari sekarang dilakukan pemetaan yang baik agar pembangunan itu selaras dengan," ujar BKS di Stasiun Serang, Sabtu (18/1).

Menurut BKS, dalam kurun waktu lima sampai sepuluh tahun kedepan Kota Serang akan dibuat double track kereta rel listrik (KRL) atau akan ada elektrifikasi rel kereta api.

"Ada satu tahapan dalam dua tahun ini, kita akan ada perbaikan rel yang ada, khusus untuk kecepatan yang lebih tinggi supaya dari Rangkasbitung sampai ke Merak bisa ditempuh hanya satu jam," ucapnya.  

Untuk tahapan elektrifikasi sendiri, kata Budi, jika masih di bawah 20 perjalanan cukup dengan satu lintasan dengan kecepatan tinggi antara 75 Km.

"Elektrifikasi ini untuk sampai Serang tahun ini, sementara dari Serang sampai Merak tahun depan. Satu dua tahun ini selesai," ujarnya.

Lanjut BKS, jika nanti perjalannya lebih dari 50 maka akan buat elektrifikasi dengan dua jalur nanti kalau perjalannanya lebih dari 100 elektrifikasi akan ditambah dua jalur.

"Jadi itu tahapannya, tapi itu harus dipetakan lagi dan minta PT KAI untuk mempersiapkan stasiunnya tempat parkirnya dan antar modanya," demikian BKS. [dzk]



Komentar Pembaca
Wartawan <i>RMOLBanten</i> Melepas Lajang

Wartawan RMOLBanten Melepas Lajang

SABTU, 08 AGUSTUS 2020 , 14:55:00

Kejaksaan Agung Kebakaran

Kejaksaan Agung Kebakaran

SABTU, 22 AGUSTUS 2020 , 20:07:00

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

The ads will close in 10 Seconds