YLKI: Kelalaian Provider Jadi Sebab SIM Card Ilham Bintang Diduplikasi

Keamanan  SELASA, 21 JANUARI 2020 , 01:11:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

YLKI: Kelalaian Provider Jadi Sebab SIM Card Ilham Bintang Diduplikasi

Pembobolan SIM Card/Repro

RMOLBANTEN. Pembobolan rekening bank milik wartawan senior, Ilham Bintang oleh orang tak dikenal (OTK) dengan menduplikasi kartu provider Indosat, tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Begitu diungkapkan Sekretaris Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno, kepada epada Kantor Berita Politik RMOLID, Senin (20/1).

Dalam kasus yang menimpa Ilham Bintang, kata Agus, merupakan kelalaian provider yang tidak hati-hati saat ada pihak yang ingin mengganti kartu provider.

"Tidak bisa dibiarkan karena kan kelalaian dari provider yang tidak memverifikasi ulang ketika ada yang mengajukan semacam ganti kartu, itu kan harusnya ada mekanisme yang itu bisa membuktikan bahwa memang si (orang) yang mengajukan itu adalah pemilik yang sah," terang Agus.

Agus mengurai, ketika ada seseorang yang bukan pemilik sah nomor seluler tersebut dapat mencetak kartu provider merupakan kesalahan provider yang tidak ketat saat melakukan verifikasi data konsumen.

"Nah ini yang tidak dilakukan, itu tentu saja sebuah kesalahan karena harus memverifikasi lebih jauh. Artinya ini kan ada data yang terbuka, ada data yang bisa diakses oleh orang, karena kan si oknum tadi sampai bisa masuk kemudian bisa memberikan data," jelasnya.

"Artinya kan data dari provider tadi kan data yang bisa diakses atau data yang itu keluar oleh orang yang tidak bertanggungjawab bisa diakses," sambungnya.

Terkait kerugian yang dialami Ilham Bintang, YLKI siap untuk mendampingi Ilham melakukan upaya hukum atau menuntut provider Indosat.

"Kalau YLKI selalu terbuka bagi konsumen yang ada permasalahan dengan pelaku usaha," demikian Agus. [dzk]



Komentar Pembaca
Simulasi Pilkada Kota Tangsel

Simulasi Pilkada Kota Tangsel

SABTU, 12 SEPTEMBER 2020 , 20:00:00

Pos Terpadu Covid-19

Pos Terpadu Covid-19

KAMIS, 17 SEPTEMBER 2020 , 16:08:00

Sabu Di Blender

Sabu Di Blender

SELASA, 22 SEPTEMBER 2020 , 13:16:00

The ads will close in 10 Seconds