Alhamdulillah, Tak Ada WNI Di Wuhan Yang Terjangkit Virus Corona

Internasional  MINGGU, 26 JANUARI 2020 , 00:56:00 WIB | LAPORAN: FIRMANSYAH

<i>Alhamdulillah</i>, Tak Ada WNI Di Wuhan Yang Terjangkit Virus Corona

Petugas bersihkan jalan di Wuhan/Repro

RMOLBANTEN. Kabar baik dari Wuhan, China. Virus corona yang menjangkiti kota itu memakan korban jiwa puluhan jiwa, belum sampai mejangkiti warga negara Indonesia. Hal itu disampaikan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) China cabang Wuhan.

PPI mengeluarkan informasi supaya tidak terjadi kesimpang siuran dan kekhawatiran masyarakat Indonesia yang memiliki keluarga yang tinggal di kota tersebut.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) China cabang Wuhan berinisiatif mengeluarkan pernyataan sekaligus informasi akurat tentang kondisi di sana.

Sekaligus kabar para WNI yang saat ini masih tertahan di Wuhan.

Dalam keterangan tertulisnya, PPI Wuhan menyebut data yang diperoleh hingga Jumat (24/1) pukul 11.00 waktu Wuhan ada 93 orang WNI di kota tersebut.

Hingga keterangan tersebut dibuat pada Jumat, belum ada laporan WNI di Kota Wuhan yang terjangkit virus corona.

Semua mahasiswa saat ini rata-rata tinggal di asrama dan selalu dalam pantauan kampus.
Hampir seluruh kampus di Wuhan melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan masker, sabun cair, dan thermometer gratis kepada tiap mahasiswa.

"PPI Wuhan selalu berkoordinasi dengan KBRI Beijing, Direktorat Perlindungan WNI, dan BHI, juga telah bergabung dengan group Wechat untuk mempermudah komunikasi dan konsultasi," demikian keterangan tertulis PPI Wuhan yang diterima Kantor Berita RMOLNetwork, Sabtu (25/1).

Selain itu PPI Wuhan menyampaikan, phak KBRI Beijing terus melakukan pematauan intensif terhadap para WNI di Kota Wuhan.

KBRI mengimbau seluruh WNI untuk tidak panik dan tetap melakukan upaya pencegahan.

Seiring isolasi yang dilakukan Pemerintah Komunis China terhadap Kota Wuhan, para WNI yang ada di sana pun tak bisa mengevakuasi diri.

Karena seluruh jaringan transportasi umum dihentikan untuk sementara.

Sebagai informasi buat WNI, masyarakat bisa mencari informasi terkini soal kondisi di Wuhan melalui Ketua PPI Wuhan, Nur Mussyafak, di nomor +86 15623896756. Bisa juga melalui perwakilan Kemlu, Tony W, di nomor +62 821 23771163.

Sementara pihak KBRI Beijing yang bisa dihubungi adalah Ariyanto Surojo (+86 13811284505), Yaya Sutarya (+86 13146453974), dan Budi Atyasa (+86 13552235327).

Video kondisi terkini Wuhan

Sumber: YouTube Rio Alfi

Sementara dalam video YouTube Rio Alfi yang dibagikannya, terpantau kondisi terkini kota Wuhan. Jalan-jalan nampak lengang. Transportasi massal pun ditutup

Kota Wuhan disolasi dengan tujuan untuk menahan penularan pernapasan mematikan, yang telah menyebar ke beberapa negara lain.

Aparat pemerintah, terutama petugas kebersihan, membersihkan lokasi-lokasi tertentu untuk mengurangi risiko penyebaran virus mematikan itu. [dzk]



Komentar Pembaca
Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

Anak Dan Cucu Soekarno Kumpul Di Borobudur

MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 13:22:00

Kabinet Terpapar Corona<i>?</i>

Kabinet Terpapar Corona?

MINGGU, 15 MARET 2020 , 02:25:00

Plt Ketua JMSI Banten Serahkan Piagam Keterbukaan Publik

The ads will close in 10 Seconds