Runway 3 dan East Cross Taxiway Beroperasi, Antrian Pesawat Berkurang

Nusantara  MINGGU, 26 JANUARI 2020 , 19:16:00 WIB | LAPORAN: MAYA AUL

Runway 3 dan East Cross Taxiway Beroperasi, Antrian Pesawat Berkurang

Jakarta Air Traffic Service Center/AUL

RMOLBANTEN. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pergerakan penumpang dan pesawat setelah Presiden Joko Widodo meresmikan Runway 3, East Cross Taxiway, dan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/1).

Menhub melakukan peninjauan melalui menara Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang untuk memastikan efektivitas pergerakan pesawat setelah adanya Runway 3 dan East Cross Taxiway.

"Saya sudah melihat langsung adanya pergerakan pesawat baik pada saat take off dan landing, khususnya di Runway 3 dan East Cross Taxiway untuk memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar bermanfaat," ujar menhub.

Dari hasil peninjauan tersebut, menhub menuturkan, seluruh fasilitas tersebut sangat berfungsi dengan baik. Terutama untuk proses antrean pesawat yang berhasil menurun secara signifikan.

"Seperti yang tadi kita lihat, bahwa saat ini antrean pesawat menurun cukup signifikan yang tadinya bisa 7-10 antrean saat ini hanya menjadi 3-4 antrean saja, ini harus diapresiasi," katanya.

Direktur Utama Airnav Indonesia Novi Rianto, mengatakan, moda operasi Runway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan Mix Mod Operation, dimana antara satu runway dengan runway lainnya saling terintegrasi.

"Moda operasi Runway 3,2,1 terintegrasi tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya, begitupun East Cross Taxiway, safety juga di enhance, tadinya sangat sibuk terlebih saat peak season, antrian sudah bisa direduksi," tuturnya.

Meski begitu, ia pun bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk melakukan peningkatan kapasitas runway dan East Cross Taxiway secara bertahap.

"Kedepan penggunaan Runway 3 dan East Cross Taxiway bertahap akan kita naikkan sesuai kebutuhan yang ada, kita punya program ada IRC (Improvement Runway Capacity) 64/72,81, sekarang kita punya yang IRC 86 dan akan terus bertambah sesuai infrastruktur dari temen-temen Airlines," tandasnya. [ars]

Komentar Pembaca
Tutup Jalan Jenderal Sudirman

Tutup Jalan Jenderal Sudirman

RABU, 07 OKTOBER 2020 , 00:55:00

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

UU ITE Bukan Membunuh Suara Kritis

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 22:12:00

Sertijab Kepala BPKP Banten

Sertijab Kepala BPKP Banten

KAMIS, 05 NOVEMBER 2020 , 11:40:00

The ads will close in 10 Seconds